Penerapan Data Mining Dalam Analisa Pola Pembelian Pada Penjualan Aksesoris Motor Menggunakan Algoritma Apriori
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v2i5.8596Abstract
Toko Duta Motor adalah toko yang khusus menjual aksesoris motor. Untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, toko duta motor diharuskan mengatasi masalah umum salah satunya adalah ketidaktersediaan aksesoris yang sering kali dibutuhkan oleh konsumen, yang dapat menyebabkan toko kehilangan pendapatan. Di sisi lain, ada juga stok aksesoris yang berlebihan namun tidak diminati oleh konsumen. Masalah-masalah ini disebabkan oleh pola pembelian konsumen yang tidak teratur dan sulit diprediksi, serta buruknya pengolahan data penjualan yang hanya berfungsi sebagai arsip. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan algoritma dalam data mining untuk menganalisis data transaksi secara lebih baik. Data mining adalah proses penggalian data secara mendalam untuk mengetahui hal yang tidak berarti dan tidak diketahui keberadaannya. Metode algoritma apriori dapat digunakan untuk menemukan kombinasi item yang sering muncul dalam suatu kumpulan data. Hasil penelitian ini berupa aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk mengetahui pola pembelian konsumen pada transaksi penjualan aksesoris motor Honda matic yang dapat dijadikan dalam menentukan strategi penjualan yang efektif serta membantu dalam pengendalian stock produk oleh pihak toko.References
R. Romdani and S. Rahmatullah A.R, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Apotek & Alkes 58,†J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 5, pp. 790–798, 2022, doi: 10.32672/jnkti.v5i5.4995.
H. Indriyawati and T. Winarti, “Pemodelan Data Mining Pola Kelayakan Kemampuan Lulusan Dengan Kebutuhan Stakeholder Menggunakan Algoritma Apriori,†JITSI J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 78–84, 2021, doi: 10.30630/jitsi.2.3.40.
A. Musthafa and A. Wibowo, “Analisis Pola Penjualan Produk VitaminMenggunakan Algoritma Aprior,†Pros. Semin. Nas. Ris. Dan Inf. Sci., vol. 2, pp. 62–74, 2020.
I. Zulfa, R. Rayuwati, and K. Koko, “Implementasi data mining untuk menentukan strategi penjualan buku bekas dengan pola pembelian konsumen menggunakan metode apriori,†Tek. J. Sains dan Teknol., vol. 16, no. 1, p. 69, 2020, doi: 10.36055/tjst.v16i1.7601.
I. Y. Musyawarah and D. Idayanti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju,†Forecast. J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2022.
J. Hutagalung, N. L. W. S. R. Ginantra, G. W. Bhawika, W. G. S. Parwita, A. Wanto, and P. D. Panjaitan, “COVID-19 Cases and Deaths in Southeast Asia Clustering using K-Means Algorithm,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1783, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012027.
R. Mahmud and A. Hartanto, “Penerapan Data Mining Rekomendasi Laptop Menggunakan Algoritma Apriori,†Juisi, vol. 06, no. 02, pp. 21–30, 2020.
P. Simbolon Hartinah, “Implementasi Data Mining Pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori,†J. Ris. Komput., vol. 6, no. 4, pp. 401–406, 2019, [Online]. Available: http://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/1399%0Ahttps://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/download/1399/1125
D. Rusdianto et al., “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Peminjaman Buku Di Perpustakaan Universitas Bale Bandung,†J. Sist. Inf., vol. 02, no. 02, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/376
T. Prasetya, J. E. Yanti, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, and O. Nurdiawan, “Analisis Data Transaksi Terhadap Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 6, no. 1, p. 43, 2021, doi: 10.51211/itbi.v6i1.1688.
K. Erwansyah, B. Andika, and R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Belanja Produk Pada Toko Avis Mobile,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 4, no. 1, p. 148, 2021, doi: 10.53513/jsk.v4i1.2628.
M. Ramadhan, J. Hutagalung, M. Dahria, and I. Zulkarnain, “Prediksi Penjualan Spare Part Mobil Daihatsu Menggunakan Algoritma Apriori,†Techno.Com, vol. 22, no. 1, pp. 156–166, 2023.