Pemilihan Guru Pengajar Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Menggunakan Metode MOORA
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v1i1.4777Abstract
Kegiatan Ekstrakurikuler pramuka merupakan suatu kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan diluar jam pembelajaran di sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang bertujuan mewadahi bakat, minat, dan potensi anak untuk dikembangkan secara terus-menerus. Pada sekolah swasta SD GKPS Psr III belum diadakan kegiatan ekstrakulikuler pramuka dikarenakan belum adanya guru pengajar kegiatan tersebut dan dalam proses pemilihan guru pengajar biasanya kepala sekolah bertanya kepada setiap guru siapa yang bersedia menjadi guru pengajar ekstrakulikuler tersebut. Untuk itu diperlukan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membatu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan guru pengajar yang cocok sesuai dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dapat memecahkan masalah yang dihadapi sekolah swasta SD GKPS Psr III. Adapun metode pendukung keputusan yang digunakan untuk menentukan guru pengajar terbaik yaitu metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sistem dapat mempermudah dan mempercepat proses penyeleksian guru pengajar ekstrakulikuler pramuka dan membantu kepala sekolah dalam pengambilan keputsan untuk menentukan guru pengajar ekstrakulikuler pramuka.References
Agustin, H. (2018). Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2045
Fauzan, R., Indrasary, Y., & Muthia, N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web. Jurnal Online Informatika, 2(2), 79. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.101
Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Irawan, M. D., & Simargolang, S. A. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), 67. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i1.411.
J. Hutagalung, and U. F. Sari, “InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Penerapan T. Jaringan, Metode K-Means dan MOORA Dalam Penerimaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ( BSPS ),†vol. 6, no.1, 2021.
H. Hamria Hamria, A. Azwar, and K. Arja, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Jasa Pramubakti Menggunakan Metode Moora,†J. Ilm. Inform., vol. 8, no. 01, p. 25, 2020, doi: 10.33884/jif.v8i1.1824.
M. Mesran, S. D. A. Pardede, A. Harahap, and A. P. U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.595.
A. R. Anggraini and J. Oliver, “Metode Penelitian,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id.
C. Fadlan, A. P. Windarto, and I. S. Damanik, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai (Kasus: Desa Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela),†J. Appl. Informatics Comput., vol. 3, no. 2, pp. 42–46, 2019, doi: 10.30871/jaic.v3i2.1324.