Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Solanum Betaccum Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Depri Sabinus Lumbanbatu STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i1.4774

Abstract

Tanaman terong belanda (solanum betaceum) merupakan tanaman buah-buahan yang memiliki tangkai panjang, yang tumbuh satu dengan lainnya, ada yang tumbuh sendirian atau ada yang berkelompok sebanyak 3-12 tangkai. Tanaman terong belanda (solanum betaceum) merupakan tanaman pendamping, dan biasanya ditanam mendampingi tanaman utama seperti kopi, cabai, dan tanaman yang lain. Walaupun tanaman terong belanda (solanum betaceum) ini sebagai tanaman pendamping bukan berarti tanaman terong belanda ini gampang tumbuh dan gampang berbuah. Terong belanda (solanum betaceum) cukup rentan terhadap serangan penyakit yang dapat merugikan petani karena kurangnya pengetahuan atau ketidakpahaman petani terhadap jenis–jenis penyakit tanaman terong belanda, sehingga sering terjadi kesalahan mendiagnosa yang mengakibatkan keterlambatan dalam penanganan tanaman terong belanda yang terserang penyakit. Hal ini dapat merugikan petani, yang mengakibatkan petani gagal panen. Oleh karena itu  untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat menggunakan sistem pakar dengan menggunakan metode dempster shafer agar dapat menganalisa dan mendiagnosa  penyakit terong belanda (solanum betaceum). Dari hasil perhitungan nilai densitas m9 dengan adanya ke lima gejala yang dipilih, maka dapat diperoleh  nilai keyakinan paling kuat terhadap P4 yaitu penyakit Virus Kuning sebesar 0,5023 atau jika di persentasikan 50% yaitu cukup pasti. Hasil penelitian ini sudah dapat menyamai seorang pakar/ahli pertanian dalam mendiagnosa penyakit pada tanaman terong belanda (solanum betaceum), sehingga dapat membantu para petani dalam mencari solusi permasalahan yang dialami terkait penyakit tanaman terong belanda (solanum betaceum).

Author Biographies

Depri Sabinus Lumbanbatu, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Setyaningsih, I., Widad, A., Mulyati, S., & Ridwani, W. D. (2019). Pelatihan Mengolah Limbah Sapi menjadi Pupuk di Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 78-86.

S. M. Asvita and K. N. Berawi, “Efektivitas Ekstrak Terong Belanda untuk Menurunkan Kadar Glukosa dan Kolesterol LDL Darah pada Pasien Obesitas,†Majority, vol. 5, no. 1, pp. 102–106, 2016.

Pakiding, F. L., Muhidong, J., & Hutabarat, O. S. (2015). Profil Sifat Fisik Buah Terung Belanda (Cyphomandra betacea). Jurnal Agritechno, 132-139.

Gaol, N. Y. L. (2020). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Buah Citrus (Lemon) Mengggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 19(1), 1-7.

Saripurna, D. (2018). Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis-Jenis Tanaman Tahunan Dan Tanaman Musiman Dengan Metode Dempster Shafer. Buletin Utama Teknik, 14(1), 76-79.

Y. Yuliyana and A. S. R. M. Sinaga, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Naive Bayes," Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, p. 19, 10 5 2019.

Samosir, O. R., Hasibuan, N. A., & Suginam, S. (2018). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Strawberry Dengan Menerapkan Metode Dempster Shafer. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), 5(2), 146-150.

MZ, A. R., Wijaya, I. G. P. S., & Bimantoro, F. (2020). Sistem pakar diagnosa penyakit kulit pada manusia dengan metode dempster shafer. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), 4(2), 129-138.

E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari and Z. Lubis, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis Penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD . Perlindungan Tanaman dan Hortikultura Menggunakan D. Shafer,†Cyber Tech vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021

D. T. Yuwono, "Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kepribadian Menggunakan Metode Dempster Shafer," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 1, no. 1, 2019.

Downloads

Published

2022-01-25