Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi wondr by BNI Menggunakan Metode UTAUT 2
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v4i4.11585Keywords:
Aplikasi Perbankan, Penerimaan Pengguna, Smart PLS, UTAUT 2, Wondr by BNIAbstract
Transformasi digital di sektor perbankan mendorong lembaga keuangan untuk mengadopsi teknologi yang mendukung layanan berbasis aplikasi. Salah satu inovasi tersebut adalah wondr by BNI, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan aplikasi wondr by BNI dengan menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu pegawai BNI Kantor Cabang Utama Jambi, Tenaga Alih Daya (TAD), dan nasabah dengan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 4 melalui pengujian outer model, inner model, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi hedonis dan kebiasaan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi, sedangkan kebiasaan juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan. Variabel lain seperti harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, nilai harga, dan keamanan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa adopsi aplikasi lebih dipengaruhi oleh kesenangan pengguna dan rutinitas yang terbentuk daripada oleh faktor teknis maupun sosial.References
A. Inka Et Al., “Penerapan Wondr By Bni Dalam Meningkatkan Layanan Kepada Nasabah Bank Negara Indonesia,” Vol. 13,
No. 7, Pp. 1–10, 2024.
Dan A. K. P. H. Abdullah, “Keberhasilan Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Kecamatan Pondok
Kelapa Bengkulu Tengah,” Proceeding Natl. Conf. Account. Financ., Vol. 5, Pp. 381–394, 2023, Doi:
20885/Ncaf.Vol5.Art44.
V. Venkatesh, J. Y. L. Thong, And X. Xu, “Consumer Acceptance And Use Of Information Technology: Extending The
Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology,” Mis Q. Manag. Inf. Syst., Vol. 36, No. 1, Pp. 157–178, 2012, Doi:
2307/41410412.
N. A. Ainul Bashir, “Penerapan Model Utaut 2 Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Siortu,”
Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., Vol. 5, No. 1, Pp. 42–51, 2020, Doi: 10.21831/Elinvo.V5i1.30636.
B. M. Caroline, Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Aplikasi Service Desk (Sasd). 2018.
P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D,” Penerbit Cv. Alf.
Bandung, Vol. 225, No. 87, Pp. 48–61, 2017.
M. Rofiudin, M. Shabry, And N. Juniarsa, “Pengaruh Harga Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen
Tokopedia Pasca Covid 19 Di Malang Raya,” J. Ilmu-Ilmu Sos., Vol. 19, No. 2, P. 2022, 2022.
V. Venkatesh, M. G. Morris, G. B. Davis, And F. D. Davis, “User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified
View,” Mis Q. Manag. Inf. Syst., Vol. 27, No. 3, Pp. 425–478, 2003, Doi: 10.2307/30036540.
S. Rahmayuni, D. R. Indah, M. A. Firdaus, And A. Wedhasmara, “Analisis Faktor Penerimaan Dan Penggunaan Linkedin
Menggunakan Model Utaut 2,” J. Teknol. Sist. Inf. Dan Apl., Vol. 7, No. 1, Pp. 165–175, 2024, Doi: 10.32493/Jtsi.V7i1.37750.
S. Aprilisa, S. Samsuryadi, And S. Sukemi, “Pengujian Validitas Dan Reliabilitas Model Utaut 2 Dan Eucs Pada Sistem
Informasi Akademik,” J. Media Inform. Budidarma, Vol. 5, No. 3, P. 1124, 2021, Doi: 10.30865/Mib.V5i3.3074.
D. F. Risqiana Dewi, D. J. Ardianing Kusuma, And D. P. Rakhmadani, “A Nalisis Minat Dan Perilaku Penggunaan E -
Commerce Shopee Menggunakan Metode Unified Theory Of Utaut 2,” J. Fasilkom, Vol. 13, No. 02, Pp. 293–298, 2023, Doi:
37859/Jf.V13i02.5549.
M. A. Saharah, “Analisis Penerimaan Terhadap Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Indonesia (Dana) Di Kota Jambi
Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam).” Universitas Jambi, 2022.
T. Puspitasari, A. Kusumawati, And S. Sujarwoto, “Aplikasi Model Delone And Mclean Untuk Mengukur Keberhasilan
Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di Universitas Brawijaya,” J. Sist. Inf. Bisnis, Vol. 10, No. 1, Pp.
–104, 2020, Doi: 10.21456/Vol10iss1pp94-104.
A. S. G. Loindong, B. Tewal, And G. M. Sendow, “Pengaruh Locus Of Control Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan
Kerja Pegawai Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Kantor Satpol-Pp Kota Tomohon),” J. Emba J. Ris. Ekon.
Manajemen, Bisnis Dan Akunt., Vol. 11, No. 4, Pp. 110–121, 2023, Doi: 10.35794/Emba.V11i4.51021.
S. Nurhalizah, G. Kholijah, And Z. Gusmanely, “Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square
Pada Kinerja Pegawai Pt. Bank Pembangunan Daerah Jambi,” Indones. J. Appl. Stat., Vol. 6, No. 2, P. 125, 2024, Doi:
13057/Ijas.V6i2.78921.
H. Hamdan And Nurul Rizka, “The Influence Of Trust, Service Quality, Product Quality And Promotion In Shaping
Repurchase Intention In Xl Axiata Providers,” J. Law, Polit. Humanit., Vol. 1, No. 2, Pp. 71–87, 2021, Doi:
38035/Jlph.V1i2.65.
Fadhil Taufiq Sudibyo And Indira Rachmawati, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Customer Loyality
Melalui Customer Statisfaction Pada Raindear Coffee & Kitchen Bogor,” E-Proceeding Manag. , Vol. 10, No. 2, Pp. 791–
, 2023.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Spss 23. 2016
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.