Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi wondr by BNI Menggunakan Metode UTAUT 2

Authors

  • Delpi Putri Hafizah Universitas Jambi
  • Reni Aryani Universitas Jambi
  • Yolla Noverina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v4i4.11585

Keywords:

Aplikasi Perbankan, Penerimaan Pengguna, Smart PLS, UTAUT 2, Wondr by BNI

Abstract

Transformasi digital di sektor perbankan mendorong lembaga keuangan untuk mengadopsi teknologi yang mendukung layanan berbasis aplikasi. Salah satu inovasi tersebut adalah wondr by BNI, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan aplikasi wondr by BNI dengan menggunakan metode Unified Theory of  Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu pegawai BNI Kantor Cabang Utama Jambi, Tenaga Alih Daya (TAD), dan nasabah dengan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 4 melalui pengujian outer model, inner model, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi hedonis dan kebiasaan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi, sedangkan kebiasaan juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan. Variabel lain seperti harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, nilai harga, dan keamanan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa adopsi aplikasi lebih dipengaruhi oleh kesenangan pengguna dan rutinitas yang terbentuk daripada oleh faktor teknis maupun sosial.

References

A. Inka Et Al., “Penerapan Wondr By Bni Dalam Meningkatkan Layanan Kepada Nasabah Bank Negara Indonesia,” Vol. 13,

No. 7, Pp. 1–10, 2024.

Dan A. K. P. H. Abdullah, “Keberhasilan Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Kecamatan Pondok

Kelapa Bengkulu Tengah,” Proceeding Natl. Conf. Account. Financ., Vol. 5, Pp. 381–394, 2023, Doi:

20885/Ncaf.Vol5.Art44.

V. Venkatesh, J. Y. L. Thong, And X. Xu, “Consumer Acceptance And Use Of Information Technology: Extending The

Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology,” Mis Q. Manag. Inf. Syst., Vol. 36, No. 1, Pp. 157–178, 2012, Doi:

2307/41410412.

N. A. Ainul Bashir, “Penerapan Model Utaut 2 Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Siortu,”

Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., Vol. 5, No. 1, Pp. 42–51, 2020, Doi: 10.21831/Elinvo.V5i1.30636.

B. M. Caroline, Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Aplikasi Service Desk (Sasd). 2018.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D,” Penerbit Cv. Alf.

Bandung, Vol. 225, No. 87, Pp. 48–61, 2017.

M. Rofiudin, M. Shabry, And N. Juniarsa, “Pengaruh Harga Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen

Tokopedia Pasca Covid 19 Di Malang Raya,” J. Ilmu-Ilmu Sos., Vol. 19, No. 2, P. 2022, 2022.

V. Venkatesh, M. G. Morris, G. B. Davis, And F. D. Davis, “User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified

View,” Mis Q. Manag. Inf. Syst., Vol. 27, No. 3, Pp. 425–478, 2003, Doi: 10.2307/30036540.

S. Rahmayuni, D. R. Indah, M. A. Firdaus, And A. Wedhasmara, “Analisis Faktor Penerimaan Dan Penggunaan Linkedin

Menggunakan Model Utaut 2,” J. Teknol. Sist. Inf. Dan Apl., Vol. 7, No. 1, Pp. 165–175, 2024, Doi: 10.32493/Jtsi.V7i1.37750.

S. Aprilisa, S. Samsuryadi, And S. Sukemi, “Pengujian Validitas Dan Reliabilitas Model Utaut 2 Dan Eucs Pada Sistem

Informasi Akademik,” J. Media Inform. Budidarma, Vol. 5, No. 3, P. 1124, 2021, Doi: 10.30865/Mib.V5i3.3074.

D. F. Risqiana Dewi, D. J. Ardianing Kusuma, And D. P. Rakhmadani, “A Nalisis Minat Dan Perilaku Penggunaan E -

Commerce Shopee Menggunakan Metode Unified Theory Of Utaut 2,” J. Fasilkom, Vol. 13, No. 02, Pp. 293–298, 2023, Doi:

37859/Jf.V13i02.5549.

M. A. Saharah, “Analisis Penerimaan Terhadap Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Indonesia (Dana) Di Kota Jambi

Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam).” Universitas Jambi, 2022.

T. Puspitasari, A. Kusumawati, And S. Sujarwoto, “Aplikasi Model Delone And Mclean Untuk Mengukur Keberhasilan

Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di Universitas Brawijaya,” J. Sist. Inf. Bisnis, Vol. 10, No. 1, Pp.

–104, 2020, Doi: 10.21456/Vol10iss1pp94-104.

A. S. G. Loindong, B. Tewal, And G. M. Sendow, “Pengaruh Locus Of Control Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan

Kerja Pegawai Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Kantor Satpol-Pp Kota Tomohon),” J. Emba J. Ris. Ekon.

Manajemen, Bisnis Dan Akunt., Vol. 11, No. 4, Pp. 110–121, 2023, Doi: 10.35794/Emba.V11i4.51021.

S. Nurhalizah, G. Kholijah, And Z. Gusmanely, “Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square

Pada Kinerja Pegawai Pt. Bank Pembangunan Daerah Jambi,” Indones. J. Appl. Stat., Vol. 6, No. 2, P. 125, 2024, Doi:

13057/Ijas.V6i2.78921.

H. Hamdan And Nurul Rizka, “The Influence Of Trust, Service Quality, Product Quality And Promotion In Shaping

Repurchase Intention In Xl Axiata Providers,” J. Law, Polit. Humanit., Vol. 1, No. 2, Pp. 71–87, 2021, Doi:

38035/Jlph.V1i2.65.

Fadhil Taufiq Sudibyo And Indira Rachmawati, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Customer Loyality

Melalui Customer Statisfaction Pada Raindear Coffee & Kitchen Bogor,” E-Proceeding Manag. , Vol. 10, No. 2, Pp. 791–

, 2023.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Spss 23. 2016

Downloads

Published

2025-07-31