Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Administrasi Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v4i2.9697Keywords:
Customer Satisfaction Index (CSI), Pelayanan administrasi, Sistem Pendukung KeputusanAbstract
PT. Terang Karya Prima, sebuah perusahaan properti perumahan subsidi, menghadapi tantangan dalam memperoleh informasi mendalam tentang kepuasan konsumen terhadap pelayanan administrasi. Kepuasan konsumen menjadi kunci dalam membangun loyalitas pelanggan, dan kurangnya informasi dapat mengarah pada kehilangan pelanggan. Untuk mengatasi ini, perusahaan membutuhkan metode Customer Satisfaction Index (CSI) yang efektif dan sistem pendukung keputusan untuk mengambil keputusan yang tepat guna meningkatkan kualitas layanan administrasi. Dengan menerapkan CSI dan sistem pendukung keputusan, PT. Terang Karya Prima dapat memperoleh data yang relevan dan akurat mengenai kepuasan konsumen. Data ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi area-area di mana pelayanan administrasi dapat ditingkatkan, sehingga dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan secara lebih efektif. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa implementasi metode CSI telah berhasil dalam berbagai konteks, mulai dari layanan manajemen di perguruan tinggi hingga industri jasa. Dengan menggunakan pendekatan ini, PT. Terang Karya Prima memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi mereka, mempertahankan pelanggan, dan memperkuat reputasi mereka di pasar properti perumahan subsidi.References
N. Agustina dan E. Sutinah, “Penerapan Metode MOORA Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Aplikasi Dompet Digital,” Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. VI, no. 2, 2022.
S. Suwandana dan E. Wati, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Supplier Barang Dengan Menggunakan Metode Moora Di CV. CXY Computer Berbasis Web,” Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen , vol. VIII, no. 2, 2020.
I. luthfi, B. Andika dan F. Sonata, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Services Sepeda Motor Yamaha Di PT. Alfa Scorpii Kpt Muslim menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI),” Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer (SAINTIKOM), vol. 1, no. 1, pp. 1-12, 2020.
A. A. Soviana, P. Kasih dan S. Rochana, “Sistem Bantu Menentukan Tingkat Kepuasan Penjualan Mobil,” INOTEK, vol. VII, no. 1, pp. 607-614, 2023.
A. Sinnun, “Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI,” JURNAL INFORMATIKA, vol. IV, no. 1, pp. 146-154, 2017.
H. R. Amri, R. T. Subagio dan K. , “Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen,” Jurnal Sistem Cerdas, vol. III, no. 2, pp. 241-252, 2020.
H. Fadillah, A. F. Hadining dan R. P. Sari, “Analisis Kepuasan Pelanggan Abc Laundry Dengan Menggunakan Metode Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI),” Jurnal Teknik Industri, vol. XV, no. 1, pp. 1-10, 2020.
R. K. Umam dan N. P. Hariastuti, “Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA),” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, vol. VI, pp. 339-344, 2018.
J. W. Tarigan, H. Winata dan D. Suherdi , “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Indikator Pelayanan Yang Baik Rumah Sakit Vina Estetica berdasarkan Hasil Survey Angket kepada Pasien Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index(CSI),” Jurnal CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 1-9, 2020.
N. Al ‘Isma, P. S. Ramadhan dan E. F. Ginting, “Implementasi Metode Preference Selection Index Dalam Menentukan Karyawan yang Layak diangkat Menjadi Supervisor Pada Restaurant Bakso Urat ADS,” Jurnal CyberTech, vol. I, no. 1, 2021.
A. N. Pratama, “Implementasi Promethee II Dalam Keputusan Pemberian REWARD Toko Retail Distributor Keramik Pada CV. Sentral Bangunan Semesta,” Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), vol. I, no. 1, 2019.
N. Aisyah dan A. S. Putra, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan Manajer Terbaik Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process),” Jurnal Esensi Infokom, vol. V, no. 2, 2021.
S. Alvita, N. I. F. S. K. U. dan L. G. , “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mekanik Sepeda Motor Terbaik Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (Moora),” Jurnal Riset Komputer, vol. V, no. 1, 2018.
A. Zahara, . S. dan M. F. , “Perbandingan Metode SMART, SAW, MOORA pada Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Mitra Statistik,” JOURNAL OF COMPUTERS AND DIGITAL BUSINESS, vol. I, no. 2, pp. 72-82, 2022.
M. Rahmi dan P. K. Nst, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index(CSI) (Studi Kasus: Mie Gacoan cabang Dr. Mansyur),” Jurnal Matematika, vol. III, no. 2, pp. 15-29, 2023.
L. M. Huizen, N. Hidayati dan M. B. Ardima, “Perbandingan Metode MOORA dan SMART dalam Kelayakan Pemberian Kredit pada Calon Debitur Koperasi,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. XX, no. 1, pp. 95-110, 2023.
P. K. Lumbantoruan, S. Manurung dan M. Yohanna, “Penerapan Metode Moora Dalam Menentukan Karyawan Terbaik Pada RRI (Radio Republik Indonesia)Medan,” Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, vol. III, no. 1, pp. 40-51, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.