Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Coffe Shop Menggunakan Metode CSI

Authors

  • Rahmi Ramadhani STMIK Triguna Dharma
  • Abdullah Muhazir STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v4i2.9649

Keywords:

Metode CSI, Pelanggan, Sistem Pendukung Keputusan, Tingkat Kepuasan

Abstract

Loyalitas pelanggan tidak terlepas dari kepuasan yang sudah dirasakan oleh pelanggan tersebut. Semakin baik kepuasan pelanggan maka akan semakin tinggi loyalitas pelanggan yang disebabkan kepuasan yang dirasakan. Namun, yang terjadi di Kalani Coffe Shop Tanjung Morawa adalah belum adanya sebuah sistem komputerisasi ataupun aplikasi yang digunakan sebagai tolak ukur kepuasan pelanggan, sehingga pihak Kalani Coffe Shop terkendala dalam mengukur tingkat kepuasan pelanggan ataupun kualitas pelayanan yang telah diberikan terhadap pelanggan tersebut. Hal tersebut dinilai tidak efektif dari segi waktu karena akan menimbulkan proses penilaian yang lama apabila hasil kuisioner yang tadinya diisi oleh pelanggan harus dihitung secara satu-persatu untuk mencari kesimpulan tingkat kepuasan dari pelanggan tersebut Maka dari itu dibangunlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat melakukan penilaian dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap Coffe Shop. Sistem ini nantinya akan menggunakan metode CSI sebagai metode komputasi. Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut kualitas jasa yang diukur. Hasil yang diperoleh adalah terciptanya sebuah sistem yang akan memberikan output (keluaran) berupa nilai tingkat kepuasan pelanggan terhadap sebuah Coffe Shop serta nilai skor GAP pada setiap indikator, hasil tersebut diharapkan dapat membantu pihak Kalani Coffe Shop Tanjung Morawa dalam mengukur tingkat kepuasan pelanggan.

Author Biographies

Rahmi Ramadhani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Abdullah Muhazir, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

S. Wahyuni dan B. Andika, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Pada Cafe HOKA KUPHI Menggunakan Metode Fuzzy Assosiatif Memory,” 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.trigunadharma.ac.id/

J. Sindarto dan L. Ellitan, “Peran Citra Merek dalam Membangun Kepuasan dan Loyalitas Konsumen: Sebuah Kajian Teoritis,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 10, 2022

B. Irawan, E. D. Sitanggang, and S. Achmady, “Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit berdasarkan Metode ServQual,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 6, no. 1, p. 10, 2021, doi: 10.24114/cess.v6i1.21023.

R. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perusahaan Binaan Dengan Metode Mabac (Studi Kasus: Dinas Perindustrian Kota Medan),” Pelita Inform. Inf. dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–128, 2020..

B. Andika, H. Winata, and R. I. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite ( Electre ),” Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, 2019.

L. M. Laia, B. Andika, and E. F. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Strategis Cabang Baru di UD . Ario Nias Selatan Menggunakan Metode WASPAS ( Weighted Aggregated Sum Product Assesment ),” no. 4, 2021.

B. Andika, M. Dahria, and E. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Pembangunan Perumahan Type 36 M/S Menggunakan Metode Weighted Product Pada Pt.Romeby Kasih Abadi,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 2, p. 130, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i2.151.

V. Anggriani, P. Purwadi, and A. Pranata, “Pemilihan Kindergarten Teacher Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, p. 55, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4792.

L. Septyoadhi, M. Mardiyanto, and I. L. I. Astutik, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” CAHAYAtech, vol. 7, no. 1, p. 78, 2019, doi: 10.47047/ct.v7i1.6.

A. Y. Labolo, “Kelompok Tani Menggunakan Metode Profile Matching,” vol. 4, no. 1, 2019.

J. Hutagalung, A. F. Boy, and D. Nofriansyah, “Pemilihan Komandan Komando Distrik Militer Menggunakan Metode WASPAS,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 3, no. 4, pp. 420–429, 2022, doi: 10.47065/josyc.v3i4.2019.

R. D. Gunawan, F. Ariany, and Novriyadi, “Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano Kertas,” J. Artif. Intell. Technol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2023, doi: 10.58602/jaiti.v1i1.23.

I. Luthfi, B. Andika, and F. Sonata, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Services Sepeda Motor Yamaha Di PT . Alfa Scorpii Kpt Muslim menggunakan Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ),” pp. 1–12, 2022.

Y. Siyamto, “Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode IPA Dan CSI Terhadap Kepuasan Nasabah,” J. Ilm. Ekon. Islam Vol., vol. 14, no. 1, pp. 63–76, 2017.

J. W. Tarigan, H. Winata, and D. Suherdi, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Indikator Pelayanan Yang Baik Rumah Sakit Vina Estetica berdasarkan Hasil Survey Angket kepada Pasien Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index ( CSI ),” pp. 1–10, 2020.

Downloads

Published

2025-03-27