Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Fisik dan Psikis Akibat Penggunaan Narkoba Jenis Methamphetamine dan Mariyuana Menggunakan Theorema Bayes

Authors

  • Beni Desmanta Sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Syarifah Fadillah Rezky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i6.8995

Abstract

Gangguan fisik dan psikis merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan gangguan utama dalam pikiran, emosi dan perilaku. Individu yang mengalami gangguan tersebut memiliki pemikiran yang tidak logis, mata sayu, badan kurus dan halusinasi serta aktivitas motoric yang aneh. Gangguan fisik dan psikis di sebabkan oleh factor psikiologis, faktor biologis dan social. Salah satu faktor social yang memepengaruhi gangguan fisik dan psikis adalah tempat tinggal, sekolah, pergaulan bebas dan pemakaian atau ketergantungan narkoba. Sistem pakar adalah suatu sistem informasi yang berusaha mengadopsi pengetahuan dari manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah layaknya seorang pakar. Dalam mendiagnosa penyakit gangguan fisik dan psikis akibat penggunaan narkoba jenis methamphetamine dan mariyuana  dibutuhkan sebuah system pakar yang mengadopsi metode theorema bayes  untuk mempermudah psikiater di klinik sempakata medan agar memperoleh hasil yang tepat dan akurat. Adanya system pakar dapat memberikan kemudahan bagi klinik sempakata medan dalam mendiagnosa penyakit gangguan Fisik dan Psikis akibat penggunaan narkoba jenis methamphetamine dan mariyuana dengan metode Theorema Bayes serta memberikan solusi dari hasil diagnose penyakit tersebut.

Author Biographies

Beni Desmanta Sembiring, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Syarifah Fadillah Rezky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. B. Sembiring, Y. H. Syahputra, and R. I. Ginting, “Sistem Pakar mendiagnosa Penyakit gangguan Fisik dan Psikis akibat penggunaan Narkoba menggunakan Metode Theorema Bayes,†no. x, 2020.

T. F. Prasetyo, M. Idrus, and M. S. S. Yuliani, “Sistem Pakar Pelayanan Dan Penyalahgunaan Narkoba,†Infotech J., vol. 4, no. 1, p. 236598, 2018.

M. Yusuf, D. Wahiddin, and ..., “Sistem Pakar Diagnosa Dini Kecanduan Narkoba Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Web,†… Student J. …, vol. III, pp. 99–104, 2022, [Online]. Available: https://journal.ubpkarawang.ac.id/mahasiswa/index.php/ssj/article/view/427%0Ahttps://journal.ubpkarawang.ac.id/mahasiswa/index.php/ssj/article/download/427/341

A. B. I. Y. Berlilana, Tri Astuti, Zanuar Rifai, “Sistem Pakar Diagnosis Pecandu Narkoba Menggunakan Algoritma Forward Chaining,†Knsi, pp. 1108–1114, 2018.

R. K. S. Muhammad Fazriansyah, Harly Okprana, “Sistem Pakar Metode Forward Chaining dalam Mengidentifikasi Jenis Penyakit Akibat Ketergantungan Narkoba Pada BNN Pematangsiantar,†ZAHRA Bul. Big Data …, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.pdsi.or.id/index.php/zahra/article/view/8%0Ahttps://ejurnal.pdsi.or.id/index.php/zahra/article/viewFile/8/6

M. R. Fadillah, B. Andika, and D. Saripurna, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Dan Hama Penyerang Tanaman Bougenville Dengan Metode Teorema Bayes,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 1, p. 88, 2020, doi: 10.53513/jis.v19i1.229.

E. T. Marbun, K. Erwansyah, and J. Hutagalung, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Sist. Inf. TGD, vol. 1, no. 4, pp. 549–556, 2022.

E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari and Z. Lubis, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer,†J. CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021.

A. Putri, M. Dahria, and R. Kustini, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Ispa Fase Akut Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Theorema Bayes,†J. CyberTech, vol. x. No.x, no. x, pp. 1–18, 2021, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/

W. R. Ferdiansyah, L. Muflikhah, and S. Adinugroho, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Kambing Menggunakan Metode Naive Bayes dan Certainty Factor,†vol. 2, no. 2, pp. 451–458, 2018.

S. Nurarif, I. Zulkarnain, H. Winata, J. Hutagalung, and P. S. Ramadhan, “Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Cholelithiasis Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 6, no. 1, pp. 227–234, 2023.

Downloads

Published

2023-11-24