Sistem Pendukung Dalam Pemilihan Produk Asuransi Unit Link Menggunakan Metode OCRA

Authors

  • Arya Rizky Rifanzi STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i6.8834

Abstract

Memilih produk asuransi unit link adalah keputusan yang agak rumit karena melibatkan banyak kriteria yang berbeda sebagai faktor yang harus diperhitungkan saat mengambil keputusan. Permasalahan yang sering dihadapi calon nasabah adalah lamanya proses pemilihan produk dan kurangnya kecocokan nasabah terhadap produk yang ditawarkan. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat digunakan pihak asuransi dalam proses pemilihan produk yang sesuai dengan kriteria calon nasabah untuk memudahkan dalam mengajukan polis asuransi atau hanya untuk mendapatkan informasi tentang produk yang tepat untuk mereka. Oleh karena itu salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis desktop yang interaktif serta fleksibel dan menerapkan metode OCRA (Operational Competitiveness Rating Analysis) pada data yang diperoleh dari perusahaan PT. AIA Financial. Sistem Pendukung Keputusan ini dirancang menggunakan software Visual Studio, Microsoft Access dan Crystal Report. OCRA itu sendiri merupakan teknik pengambilan keputusan multi kriteria berdasarkan bahwa setiap alternatif terdiri dari beberapa kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa pentingnya ia terhadap kriteria lain. Pembobotan ini digunakan untuk mengevaluasi setiap alternatif agar didapatkan alternatif terbaik. Hasil dari sistem ini adalah berupa perangkingan data produk asuransi unit link untuk memperoleh hasil terbaik yang digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan bagi pihak asuransi. Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini ialah alternatif A9 dengan nilai 0,257 atas nama produk Proteksi Retirement Maksima.

Author Biographies

Arya Rizky Rifanzi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

References

A. Ramadani, T. Riris Rouli Sihombing, and I. Parlina, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Pada PT Bhinneka Life Indonesia Pematangsiantar Dengan Menggunakan Metode Moora,†JITE, vol. 2, no. 2, pp. 122–127, 2019.

R. Ratna Dilla and D. Putro Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mekanik Terbaik Menggunakan Metode Operational Competitiveness Rating Analysis (OCRA) Studi Kasus: Auto2000,†KOMIK, vol. 5, no. 1, pp. 103–110, 2021.

A. Apriliani Akhadun and A. Hidayat, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Asuransi Berbasis Web menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) Studi Kasus BRI Life Semarang,†Informatika dan RPL, vol. 2, no. 1, pp. 49–56, 2020.

N. Titania L. Toruan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pembawa Acara Berita Terbaik Menerapkan Metode OCRA,†Bulletin of Computer Science Research, vol. 1, no. 3, pp. 71–78, 2021.

A. Hadi Nasyuha, Zulkifli, I. Purnama, A. Sidabutar, A. Karim, and Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kerani Timbang Lapangan Terbaik Menerapkan Metode Operational Competitiveness Rating Analysis (OCRA),†Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, no. 1, pp. 355–361, 2022.

N. Supriadi, “Pemodelan Matematika Premi Tunggal Bersih Asuransi Unit Link Syariah,†Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, pp. 165–175, 2017.

T. Rianawati and S. Kusumaningsih, “Mengenal Unit Link : Asuransi Dengan Fitur Investasi ( Get To Know Unit Link : Insurance With Investment Features),†Jurnal Visi Manajemen, vol. 7, no. 3, pp. 157–165, 2021.

W. Setiyaningsih, Konsep Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Malang: Yayasan Edelweis, 2015.

J. Hutagalung, “Application of the AHP-TOPSIS Method to Determine the Feasibility of Fund Loans Penerapan Metode AHP TOPSIS untuk Menentukan Kelayakan Pinjaman Dana,†J. Pekommas, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.30818/jpkm.2021.2060101.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

P. Piliang and D. Putro Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Team Survei Terbaik Pada Serikat Nelayan Indonesia Menggunakan Metode Occupational Repetitive Action (OCRA),†Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (KOMIK), vol. 5, no. 1, pp. 136–142, 2021.

S. Sintamie Hasibuan, “Penerapan Metode Operational Competitiveness Rating Analysis (OCRA) Dalam Keputusan Rekomendasi Mutasi Jabatan Karyawan,†Bulletin of Data Science, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021.

Downloads

Published

2023-11-24