Peningkatan Layanan Pelanggan Dalam Memilih Merek Fashion Menggunakan Metode Moora

Authors

  • Eunike Aprianty Br Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma
  • Meri Sri Wahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i6.8830

Abstract

Merek merupakan suatu identitas dari ciri khas dari suatu produk dan menjadi pembeda dengan produk yang lain meskipun serupa. Merek pada saat ini sangat banyak dan beragam yang membuat konsumen dilema untuk memilih merek yang ditawarkan dipasar salah satunya di bagian rok fashion wanita. Pada suatu Toko Fashion Boutique menyediakan beragam merek yang terkadang design dan modelnya hampir sama. Hal ini yang membuat konsumen membutuhkan waktu yang lama untuk membandingkan merek yang satu dengan merek yang lain. Bahkan konsumen juga mengalami kesalahan dalam memilih merek fashion.  Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibuatlah sebuah sistem yang dapat membantu dalam memilih merek rok fashion yang ada berdasarkan dari permintaan kriteria pelanggan  yang kemudian akan diambil keputusan yang terbaik yaitu dengan  Sistem Pendukung Keputusan menggunakan Metode Moora. Metode Moora adalah suatu metode yang memiliki tingkat selektifitas yang tinggi dan mudah dipahami dimana kriteria tersebut dapat bernilai menguntungkan(benefit) atau tidak menguntungkan(cost). Hasil yang diperoleh berdasarkan penerapan metode MOORA pada Sistem Pendukung Keputusan yang telah dibangun yaitu membuat waktu untuk memilih merek rok fashion lebih cepat , mengurangi kesalahan dalam memilih rok fashion dan meningkatkan pendapatan pada toko.

Author Biographies

Eunike Aprianty Br Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Meri Sri Wahyuni, STMIK Triguna Dharma

Sistem  Informasi

References

V. M. Sitorus, “Sistem Pendukung Keputusan Branding Brand Berdasarkan Kualitas Produk Menggunakan Interative Dichotomiser 3 Pada Mataharia Thamrin Plaza,†BIOSTech : Bulletin of Computer Science and Information Technology, vol. 1, pp. 1-8, 2022.

M. W. Sari, O. Alexander dan N. Marcheta, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepatu Pada Online Shop Choice Fashion Dengan Menggunakan Metode Moora,†DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, vol. 5, no. DOI:10.25273/doubleclick.v5i1.10038, pp. 43-52, 2021.

Y. Prihatin, “Pengaruh Penggunaan Bahan Terhadap Hasil Jadi Rok Setengah Lingkaran Pada Ukuran M,†Tata Busana, vol. 5, pp. 44-54, 2016.

V. D. Lestari, “Peningkatan Kompetensi Membuat Macam - Macam Pola Rok Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SMKN 6 Yogyakarta,†Teknik Busana, vol. 3, pp. 75-83, 2013.

J. Hutagalung, “Application of the AHP-TOPSIS Method to Determine the Feasibility of Fund Loans Penerapan Metode AHP TOPSIS untuk Menentukan Kelayakan Pinjaman Dana,†J. Pekommas, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.30818/jpkm.2021.2060101.

L. Kristiyanti, A. Sugiharto dan H. A. W, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pengajar Les Privat Untuk Siswa Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Metode AHP,†Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 4, pp. 39-47, 2017.

J. Hutagalung, and U. F. Sari, “Penerapan Metode K-Means dan MOORA Dalam Penerimaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS),†InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 6, no. 1, pp. 30–42, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.4093

M. Ashari, Arini dan F. Mintarsih, “Aplikasi Pemilihan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar dengan Metode MOORA,†Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, pp. 63-72, 2017.

A. Chikalananda, N. Wdiyasono dan R. Gunawan, “Implementasi Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis(MOORA) Pada Sistem Informasi Geografis Rekomendasi Pemilihan Sekolah,†Jurnal Siliwangii, vol. 6, pp. 36-43, 2020.

A. T. A. Susilo, L. Sunardi dan O. H. Lingga, “Penerapan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis(MOORA) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Bagi UMKM Di Kota Lubuk Linggau,†Digital Teknologi Informasi, vol. 5, pp. 1-6, 2022.

Downloads

Published

2023-11-13