Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemberian Voucher Kepada Customer Di PT.Pixentra Menggunakan Metode Weighted Product
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v4i3.8536Keywords:
Sistem Pendukung Keputusan, Metode WEIGHTED PRODUCT, PT.PixentraAbstract
Customer adalah suatu aset perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. PT Pixentra adalah perusahaan dealer nasional resmi peralatan cetak digital untuk industri periklanan. masalah yang ditemukan pada PT.Pixentra adalah sering terjadi kesalahan dalam pemberian voucher kepada costumer yang tidak tepat sasaran, dan juga kesalahan dalam perhitungan data pembelanjaan customer yang tidak terstruktur.Oleh karena itu maka dibangunlah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan proses penilaian data alternatif berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan dikombinasikan dengan metode WEIGHTED PRODUCT. Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistem yang dapat memberikan hasil akhir berupa urutan penilaian pemberian voucher kepada customer. Keputusan yang didapat, diharapkan akan membantu pihak PT.Pixentra dalam menentukan pemberian voucher kepada customer.References
V. M. M. Siregar, S. Sonang, and E. Damanik, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product,” J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 2, p. 239, 2021, doi: 10.37600/tekinkom.v4i2.392.
A. C. Yudistira and Y. S. Sari, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Weighted Product untuk Pemilihan Karyawan Terbaik UMKM ZainToppas,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, pp. 229–235, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i2.870.
Y. Perwira, “PENENTUAN PERINGKAT PELANGGAN TERBAIK DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT ( STUDI KASUS PT . ASIA RAYA FOUNDRY ),” vol. 3, no. 1, pp. 138–147, 2019.
S. A. Anggraini, W. Ramdhan, and M. Handayani, “IMPLEMENTATION OF THE WEIGHTED PRODUCT METHOD RECIPIENTS OF THE REGIONAL OPERATIONAL ASSISTANCE PROGRAM ( BOSDA ) FOR IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT PENERIMA PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL DAERAH ( BOSDA ) UNTUK PENDIDIKAN ANAK,” vol. 3, no. 4, 2022.
S. Susanti, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penyeleksian Konsumen Terbaik dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP),” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. IX, no. 1, pp. 8–15, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jurnalfiki/article/view/341
F. Indina, I. Purnama, S. Z. Harahap, K. Kunci, and M. Saw, “Analisa Metode SAW Dalam SPK Penentuan Pelanggan Terbaik,” vol. 4, no. 2, pp. 7–14, 2021.
L. Farokhah and A. Kala’lembang, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik dengan Metode Weighted
Product Pada MAN 1 Pariaman,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 11, no. 2, p. 179, 2017.
M. Masnuryatie and G. Triyono, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Smp Terbaik Menggunakan Metode Ahp,” Skanika, vol. 5, no. 1, pp. 46–59, 2022, doi: 10.36080/skanika.v5i1.2921.
D. W. Brata and B. Whidyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Gaji Bonus Karyawan Pada Restoran KL Express Dengan Metode TOPSIS,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 11, no. 1, p. 101, 2017, doi: 10.32815/jitika.v11i1.59
P. Mauliana, W. Wiguna, and D. Widyaman, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product,” Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., vol. 3, no. 2, p. 85, 2018, doi: 10.32897/infotronik.2018.3.2.107.
E. Jayantara, Z. Ahmad, and A. Mpg, “PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT”.
H. Rohayani and T. Informatika, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy,” vol. 5, no. 1, pp. 530–539, 2013.
D. A. Ridwan and B. Rahman, “PENENTUAN PENERIMAAN RASKIN ( BERAS MISKIN ) PADA KECAMATAN KENDARI BARAT MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHI PROCESS ( AHP ),” vol. 4, no. 1, pp. 25–31, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.