Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Growth Untuk Menganalisa Pola Penjualan Barang
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v3i5.8017Keywords:
Association rules, Data Mining, Frequent itemset, Fp-Growth, PenjualanAbstract
Membangun sebuah bisnis perusahaan penjualan barang sangat memerlukan penggunaan teknologi informasi, guna mendukung kelancaran penjualan produk-produk yang disediakan. Masalah yang terjadi adalah perusahaan kesulitan menentukan strategi penjualan dan persediaan di perusahaan yang mengakibatkan tingkat penjualan dinilai kurang maksimal. Pada saat ini CV. MITRA RIDGE masih memproses data penjualannya secara manual, sehingga ketersediaan data penjualan besar tidak dapat digunakan semaksimal mungkin. Perusahaan dituntut untuk menemukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan produk yang akan dijual. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk penentuan strategi penjualan barang adalah dengan menggunakan teknik data mining. Adapun metode yang digunakan dalam hal ini adalah algoritma Fp-Growth, yaitu sebuah algoritma yang menghasilkan frequent itemset yang nantinya akan digunakan dalam proses penentuan aturan yang dapat menghasilkan sebuah pilihan. Algoritma Fp-Growth merupakan pengembangan dari algoritma Apriori. Algoritma Fp-growth menggunakan konsep tree development dalam pencarian jenis produk yang sering dibeli (frequent itemset). Data yang digunakan yaitu 20 jenis barang dan 30 data transaksi. Pada penelitian ini ditentukan nilai minimum support sebesar 18% dan nilai minimum confidence sebesar 50%. Dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan beberapa aturan (rule) yang dijadikan acuan atau pola dalam membangun strategi penjualan maupun strategi persediaan yang lebih baik dimasa yang akan datang.References
A. R. Wijaya and A. Jananto, “Mencari Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Fp-Growth,” Din. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–7, 2018.
W. N. Setyo and S. Wardhana, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Di Cv Cahaya Setya Menggunakan Algoritma Fp-Growth,” Petir, vol. 12, no. 1, pp. 54–63, 2019, doi: 10.33322/petir.v12i1.416.
Liputan6, “CV adalah Badan Usaha Persekutuan Modal Terbatas, Pahami Lebih Jauh,” berita.yahoo.com, 2021. https://id.berita.yahoo.com/cv-adalah-badan-usaha-persekutuan-090002995.html (accessed Oct. 06, 2022).
Admin, “CV adalah Badan Usaha Persekutuan Modal Terbatas, Pahami Lebih Jauh,” rumahukm.com, 2021. https://rumahukm.com/blog/2021/02/22/cv-adalah-badan-usaha-persekutuan-modal-terbatas-pahami-lebih-jauh/ (accessed Oct. 06, 2020).
Rifqimulyawan, “Mengenal Pengertian Data Mining: Apa itu Penambangan Data? Menurut Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Proses dan Tahapannya!,” rifqimulyawan.com, 2022. https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-data-mining/ (accessed Oct. 06, 2022).
K. Emha Taufiq Luthafi &, Aloritma Data Mining. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2009. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Algoritma_Data_Mining/-Ojclag73O8C?hl=id&gbpv=1
M. A. Amri and S. W. Ningsih, “Penerapan Data Mining Penjualan Alat Tulis Kantor Menggunakan Algoritma Apriori Di Tiga Balata,” vol. 2, no. 3, pp. 138–146, 2021.
A. Afisyah et al., “Implementasi Data Mining Dengan Metode FP-Growth Untuk Strategi Promosi Pada Toko Cool Kids Plaza Medan Fair,” J. CyberTech, 2021, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/
S. J. Duha, Y. Syahra, and A. Azlan, “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Dimsum Dengan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) Pada Studio Dimsum,” J. Cyber Tech, 2022, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jct/article/view/1565%0Ahttps://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jct/article/download/1565/933
B. S. Pranata and D. P. Utomo, “Penerapan Data Mining Algoritma FP-Growth Untuk Persediaan Sparepart Pada Bengkel Motor (Study Kasus Bengkel Sinar Service),” Bull. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 83–91, 2020.
A. N. S. Putro and R. I. Gunawan, “Implementasi Algoritma FP-Growth Untuk Strategi Pemasaran Ritel Hidroponik (Studi Kasus : PT. HAB),” J. Buana Inform., vol. 10, no. 1, p. 11, 2019, doi: 10.24002/jbi.v10i1.1746.
U. A. Nursyani, “Menggunakan, Penerapan Data Mining Pola, Algoritma Fp-Growth Untuk Menentukan Makana, Pembelian Produk,” p. 84, 2020.
P. S. Informatika, F. Sains, D. A. N. Teknologi, and U. S. Dharma, “Alva Graceora Nugroho Alva Graceora Nugroho,” 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.