Penerapan Data Mining Dalam Penjualan Alat Kerja Cleaning Service Menggunakan Metode Apriori

Authors

  • Christina Hironima Br Sihotang STMIK Triguna Dharma
  • M. Syaifuddin STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i2.7212

Abstract

PT. SJS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyaluran tenaga kerja Cleaning Service dan penjualan kebutuhan alat kerja Cleaning Service baik itu Carry Caddy, Glass Cloth, Toilet Bowl Brush, Sprayer Bottle dan lain-lain. Dalam penjualan barang (produk) perusahaan sering mengalami masalah karena pola penjualan yang tidak beraturan sehingga masih kesulitan dalam menentukan produk apa saja yang sering dibeli oleh customer dan produk apa saja yang saling memiliki keterkaitan, agar dapat melakukan penambahan persediaan produk dan agar penjualan berjalan dengan baik sehingga manajemen pemasaran bisa lebih maksimal menerapkan strategi pemasaran dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan data transaksi penjualan produk alat kerja Cleaning Service yang ada maka akan digali informasi yang dapat menemukan hal baru khususnya pada transaksi penjualan yang menghasilkan alat kerja Cleaning Service apa saja yang sering dibeli oleh customer. Hal ini mendorong pemanfaatan cabang ilmu untuk mengatasi masalah penggalian informasi atau pola yang penting atau menarik dari data dalam jumlah besar, yang disebut dengan data mining. Dimana diketahui Data mining adalah proses yang memperkerjakan satu atau lebih teknik pembelajaran komputer (machine learning) untuk menganalisis dan mengekstraksi pengetahuan (knowledge) secara otomatis. Hasil penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi Data Mining dengan Penerapan Metode Apriori dalam menganalisis pola penjualan Alat Kerja pada PT SJS, sehingga membantu dalam mengolah data transaksi menjadi bermanfaat dan pihak perusahaan juga dapat mengerti pengelolaan barang sesuai penjualan yang terjadi.

Author Biographies

Christina Hironima Br Sihotang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

M. Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program and S. Administrasi, "Analisis Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan," vol. 2, no. 2, pp. 286-303, 2016.

L. S. R. Situmorang, M. S. Wahyuni, and M. Syaifuddin, “Implementasi Metode Fp-Growth Dalam Menganalisa

Pola Penjualan Obat Pada Apotek,†J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 4, p. 362, 2022, doi:

53513/jursi.v1i4.5315.

F. Rizky, Y. Syahra, I. Mariami, and _ Y., “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Target Pemakaian

Stok Barang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan

Komputer), vol. 18, no. 2, p. 167, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i2.156.

B. W. Suardi Yakub, Ahmad Fitri Boy, Ita Mariami, “J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan

Sistem Komputer TGD Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada Berkah Swalayan Untuk

Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†J-Sisko Tech, vol. 69, no. 1, pp. 69–75, 2019.

P. Rapid and M. Studio, “PENGELOMPOKAN DATA PENJUALAN AKSESORIS MENGGUNAKAN

ALGORITMA K-MEANS,†vol. IV, no. 2, pp. 401–411, 2018.

S. Nurajizah and A. Salbinda, “Penerapan Data Mining Metode K-Means Clustering Untuk Analisa Penjualan

Pada Toko Fashion Hijab Banten,†vol. 7, no. 2, pp. 158–163, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

J. Hutagalung, N. L. W. S. R. Ginantra, G. W. Bhawika, W. G. S. Parwita, A. Wanto, and P. D. Panjaitan,

“COVID-19 Cases and Deaths in Southeast Asia Clustering using K-Means Algorithm,†J. Phys. Conf. Ser., vol.

, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012027.

D. S. Siregar, M. Yetri, and D. Suherdi, “Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pembelian

Konsumen Dengan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Kebutuhan Pokok Pada Chyke ’ s,†no. x. 2019.

R. Aditiya, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Prediksi Tingkat Ketersediaan Stock Sembako Menggunakan

Algoritma FP-Growth dalam Meningkatkan Penjualan,†J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 2, pp. 67–73, 2020, doi:

37034/infeb.v2i3.44.

F. Yunita, “Penerapan Data Mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa

Baru,†Sistemasi, vol. 7, no. 3, p. 238, 2018, doi: 10.32520/stmsi.v7i3.388.

M. Syukri Mustafa, M. Rizky Ramadhan, and A. P. Thenata, “Implementasi Data Mining untuk Evaluasi Kinerja

Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,†Citec J., vol. 4, no. 2, pp. 151–162,

M. Ramadhan, J. Hutagalung, M. Dahria, I. Zulkarnain and H. Jaya., “Prediksi Penjualan Spare Part Mobil

Daihatsu Menggunakan Algoritma Apriori,†Techno.Com, vol. 22, no. 1, pp. 156–166, 2023

Downloads

Published

2023-03-28