Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Anak Metode Dempster Shafer

Authors

  • Leonardus Sitinjak
  • Puji sari Ramadhan
  • Astri Syahputri

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i1.7053

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit virus yang dibawa oleh nyamuk, yang terjadi di daerah tropis dan subtropis maupun terinfeksi virus ini untuk kedua kalinya memiliki risiko yang jauh lebih besar terserang penyakit parah.. Namun permasalahan yang didapat, banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan dikarenakan tidak ada pengetahuan masyarakat tentang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sangat beresiko bila tidak cepat diobati. Jadi untuk mengurangi resiko kita membutuhkan informasi lengkap dari seorang pakar, seperti yang kita ketahui seorang pakar sulit sekali untuk dijumpai karna banyaknya kegiatan atau banyaknya pasien yang harus ditangani oleh dokter dalam waktu bersamaan. Dalam hal ini, untuk melakukan mendiagnosa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan cepat dan untuk menyimpulkan suatu nama penyakit  dengan menggunakan keilmuan sistem pakar dan landasan data dari Rumah Sakit Umum Sylvani dengan menggunakan metode dempster shafer. Hasil penelitian ini dapat mendiagnosa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menggunakan sistem yang dibangun berbasis desktop yang diambil dari pengetahuan pakar secara cepat dan efisien, dan diharapkan juga perangkat lunak yang dirancang dapat membantu masyarakat dan pengguna khususnya dalam memprediksi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).Kata Kunci: Sistem Pakar, Dempster Shafer, Demam Berdarah Dengue (DBD).

Author Biographies

Puji sari Ramadhan

STMIK Triguna Dharma

Astri Syahputri

STMIK Trigina Dharma

References

Ahmad Sujana, Sutrisno, "Sistem Pakar Diagnosa Demam Berdarah Dengue," Isu Teknologi Stt Mandala, vol. XV, no. 2, 2020.

M. Dahria, "Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi," Jurnal SAINTIKOM, vol. X, no. 3, pp. 199-205, 2021.

E. T. Marbun, K. Erwansyah, and J. Hutagalung, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Sist. Inf. TGD, vol. 1, no. 4, pp. 549–556, 2022.

S. Iswanti And R. N. Anggraeny, "Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor," Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. XIV, No. 1, Pp. 39-45, 2019.

Z. L. Elisabet Sagala, Juniar Hutagalung, Sri Kusnasari, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer,†J. CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021.

M. D. Sinaga and . N. S. Br. Sembiring, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart Journal, vol. II, no. 2, pp. 94-107, 2018.

Gustinaldi, "Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-Paru Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining DI Rsud Teluk Kuantan," Informatika Mulawarman : JuperSatek, Vol. II, No. 1, 2019

A. Asyrofy, T. Arisdiani, M. Aspihan, Karakteristik dan kualitas hidup pasien Penyakit Paru Obstruksi Konik (PPOK), Asyrofy, 2021.

M. Ramadhan, Z. Lubis, A. Pranata, N. B. Nugroho, and K. Erwansyah, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Anjing Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 6, no. 1, pp. 257–265, 2023.

S. Nurarif, I. Zulkarnain, H. Winata, J. Hutagalung, and P. S. Ramadhan, “Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Cholelithiasis Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 6, no. 1, pp. 227–234, 2023.

P. S. Ramadhan, Marsono, J. Hutagalung, and Y. Sahra., “Comparison of Knowledge-Based Reasoning Methods to Measure the Effectiveness of Diagnostic Results,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1783, no. Oct, pp. 1–8, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012049.

M.Zunaidi, M.Syahril, A.Lubis, "Penerapan Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Dengan Metode Dempster Shafer," JURNAL RESTI, Vol. XVI, No.2, 2017.

Y. Wiguna, F. Taufik, and A. H. Nasyuha, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Batu Karang Menggunakan Metode Dempster Shafer,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, p. 66, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4793.

Downloads

Published

2023-01-11