Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Export Penjualan Produk Kerajinan Rotan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Novri Ckristina Florensa Nainggolan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ahmad Fitri Boy STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Elfitriani Elfitriani STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i5.6779

Abstract

CV. Haramas merupakan usaha yang bergerak di bidang produk kerajinan rotan asli CV. Haramas merupakan usaha yang bergerak di bidang produk kerajinan rotan asli produk Indonesia. Pelanggan terdiri dari berbagai kalangan baik itu dari masyarakat ataupun turis manca negara. Perusahaan juga aktif menjual fashion yang lagi trend saat ini berdasarkan permintaan yang ada. Adapun masalah permasalahan yang terjadi dalam mengestimasi penjualan produk kerajinan rotan dengan persaingan begitu banyak dan terjadinya dampak penjualan yang menurun. Dalam permasalahan tersebut pihak CV. Haramas membutuhkan solusi untuk mengetahui ataupun memprediksi penjualan produk kerajinan rotan dan dapat mengantisipasi kerugian yang dialami oleh CV. Haramas. Permasalahan tersebut dapat disarankan dengan mengetahui jumlah produksi dolimit, dapat memprediksi export penjualan kerajinan, maka sistem yang dapat menerapkan prediksi export penjualan kerajinan adalah Data Mining dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil analisis regresi berupa hasil pada masing-masing variabel X (independen). Hasil tersebut diperoleh dengan cara memprediksi nilai variabel Y (dependen) dengan suatu persamaan. Regresi Linear Berganda dengan satu variabel bebas, sehingga Algoritma sangat sesuai dan dapat sebagai alat bantu untuk estimasi jumlah dalam laporan data produksi konsep keilmuan Data Mining.

Author Biography

Novri Ckristina Florensa Nainggolan, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

I. Budiman, M. and R. Ramadina, "Penerapan Fungsi Data Mining Klasifikasi untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa Tepat Waktu pada Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi," Jurnal Jupiter, vol. VII, no. 1, pp. 39-50, 2015.

J. Hutagalung and F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 1187, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," STIKOM, vol. VII, no. 1, pp. 42-51, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and A. D. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," RABIT (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab), vol. IV, no. 2, pp. 66-75, 2019.

A. N. Maharadja, . I. Maulana and B. A. Dermawan, "Penerapan Metode Regresi Linear Berganda untuk Prediksi Kerugian Negara Berdasarkan Kasus Tindak Pidana Korupsi," Journal of Applied Informatics and Computing(JAIC), vol. V, no. 1, pp. 95-102, 2021.

R. Yanto, "Implementasi Data Mining Prediksi Kebutuhan Tenaga Listrik Di Kota Lubuklinggau," Techno.COM, vol. XIX, no. 2, pp. 197-206, 2020.

A.Poerba, I. Rosalyne, Suryadi, "Pengaruh Pemberian Dosis Dolomit Dan Dosis Pupuk Kalium Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung (Zea Mays L) HIBRIDA BISI-2," Jurnal Ilmiah Rhizobia, vol. II, , 2020.

I.Budiman, M., R.Ramadina, "Penerapan Fungsi Data mining Klasifikasi untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa Tepat Waktu pada Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi," Jurnal Jupiter, vol. VII, No.1, 2015.

P.Katemba, R.Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi linear," Jurnal Ilmiah Flash, vol. III, 2017.

E.Triyanto, H.Sismoro, A.Laksito, “Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul" Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, 2019.

R. Nurmalina, J. A. Yani Km, T. Laut and K. Selatan, "Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," 2017.

Downloads

Published

2023-09-19