Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan Laptop Gaming Untuk Content Creator Menggunakan Metode Electre

Authors

  • Rizka Natasya STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Vina Winda Sari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i2.6490

Abstract

Berkembangnya teknologi membuat penggunaan teknologi semakin meningkat dan menjadi multifungsi, contohnya pada laptop. Beberapa perusahaan mulai menciptakan produk laptop yang inovatif yaitu laptop gaming. Banyak kalangan yang menjadikan game sebagai mata pencaharian untuk mereka seperti yang dilakukan oleh content creator. Dengan banyaknya laptop yang beredar di pasaran, calon pembeli atau content creator menjadi sulit untuk menentukan salah satu dari produk laptop gaming yang akan mereka gunakan. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu penerapan sistem teknologi untuk merekomendasikan laptop gaming untuk content creator atau calon pembeli yang ingin memiliki laptop gaming. Sistem pendukung keputusan berguna untuk membantu dalam permasalahan diatas, dengan memnggunakan metode Electre. Metode Electre cocok digunakan untuk kasus banyak alternatif, tetapi sedikit kriteria yang terlibat. Hasil dari penelitian ini  yaitu memberikan rekomendasi laptop gaming ke calon pembeli khususnya content creator dengan sistem pendukung keputusan pemilihan laptop gaming. 

Author Biographies

Rizka Natasya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Vina Winda Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Arief and R. Tarigan, “PEMBELIAN LAPTOP GAMING PADA KOMUNITAS GAMERS MEDAN UNIVERSITAS MEDAN AREA,†2019.

J. Suprayatna, F. Taufik, and V. W. Sari, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Atensi Minat Bakat Peserta Didik Baru Pada Namira Islamic School Medan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory,†vol. 3, no. 9, 2020.

A. Yanie, A. Hasibuan, I. Ishak, and M. Marsono, “Web Based Application for Decision Support System with ELECTRE Method Web Based Application for Decision Support System with ELECTRE Method,†2018.

J. Hutagalung, A. H. Nasyuha, and T. Pradita, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Lahan Pembibitan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 79–87, 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2429.

A. A. Fransiskus, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN LAPTOP MENGGUNAKAN METODE ELECTRE BERBASIS ANDROID,†2021.

D. Zidifaldi, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Laptop Gaming Dan Content Creator Sesuai Kebutuhan Dengan Menggunakan Metode Weighted Product,†J. Digit. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 47, 2020, doi: 10.32502/digital.v3i2.2636.

Y. A. Sundawa and W. Trigartanti, “Fenomena Content Creator di Era Digital,†Pros. Hub. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 438–443, 2018.

K. Erwansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Mitra Kerja Entri Data Baru Pada Badan Pusat Statistik Kota Medan Menggunakan Metode MOORA(Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis),†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, p. 35, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i1.101.

I. Parlina, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Anggota Paskibraka Menggunakan Metode Electre,†J. Informatics Telecommun. Eng., vol. 2, no. 1, p. 39, 2018, doi: 10.31289/jite.v2i1.1670.

L. M. Yulyantari and I. P. Wijaya, Manajemen Model Pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2019.

Y. M. Setiyawati, Devi Anita; Hartati, Sulis Janu; Maulana, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Barang Menggunakan Metode Electre,†Over Rim, vol. 1, no. 2, pp. 191–199, 2017, doi: 10.2307/j.ctt46nrzt.12.

Downloads

Published

2023-03-29