Penerapan Data Mining Untuk Analisa Transaksi Penjualan Menggunakan Metode Apriori

Authors

  • Pandu Azhari STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Sri Murniyanti STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i3.6401

Abstract

Neko Neko adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner khususnya roti yang berasal dari kota medan dan menjadi oleh-oleh khas medan. Neko Neko menyediakan berbagai macam roti seperti lapis legit, bika ambon, brownis kukus, bolu gulung dan banyak lagi jenis roti lainnya. Selama ini Neko Neko telah melayani banyak transaksi termasuk transaksi penjualan roti pada bulan Juni 2021. Semua data aktivitas transaksi disimpan dalam database menggunakan system informasi berbasis dekstop. Saat ini pihak manajemen Neko Neko belum dapat menentukan rekomendasi roti kepada konsumen dan menentukan roti apa yang  paling banyak dibeli secara bersamaan, hal ini juga membuat pendapatan Neko Neko menjadi tidak stabil. Dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di Neko Neko untuk menganalisa transaksi penjualan yang tepat salah satunya adalah dengan menggunakan keilmuan Data Mining dan algoritma yang cocok digunakan adalah Algoritma Apriori. Data Mining dibuat untuk membantu pihak manajemen Neko Neko dalam menganalisa transaksi penjualan dengan menggunakan algoritma apriori. Algoritma Apriori merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam menentukan himpunan data yang paling sering muncul dalam sebuah pengumpulan data. Hasil penelitian ini berupa aplikasi dalam menganalisa transaksi penjualan yang tepat yang nantinya dapat meningkatkan omset penjualan toko roti Neko Neko.

Author Biographies

Pandu Azhari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI

Sri Murniyanti, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI

References

R. Gusrizaldi and E. Komalasari, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan,†Valuta, vol. 2, no. 2, pp. 286–303, 2016.

Nurasiah, “Implementasi Algoritma FP-Growth Pada Pengenalan Pola Penjualan,†TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 1, no. 9, pp. 438–444, 2021.

J. Hutagalung and F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 1187, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.

D. G. King, W. E. V. Young, A. J. Clarke, A. J. Cain, and G. W. Dimbleby, “The Lanhill Long Barrow, Wiltshire, England: An Essay in Reconstruction,†Proc. Prehist. Soc., vol. 32, pp. 73–85, 1966, doi: 10.1017/S0079497X00014341.

M. Mardainis and K. Andesa, “Integrasi pemrograman web pada pemrograman desktop sebagai alternatif fasilitas laporan dalam pengembangan program aplikasi,†Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 104–113, 2017, doi: 10.31849/digitalzone.v8i2.635.

I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.

A. Safitra, I. A. Lubis, and N. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Games Untuk Remaja Menggunakan Metode WASPAS,†pp. 141–147, 2018.

Y. Perwira, “Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Calon Credit Marketing Oficer ( CMO ) Baru Di PT . WOM Finance Dengan Menggunakan Metode Asosiasi,†J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 151–160, 2018.

D. Nofriansyah, K. Erwansyah, and M. Ramadhan, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL ( Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi),†J. Saintikom, vol. 15, no. 2, pp. 81–92, 2016.

G. D. Ramady and R. G. Wowiling, “Analisa Prediksi Laju Kendaraan Menggunakan Metode Linear Regresion Sebagai Indikator Tingkat Kemacetan,†J. Sekol. Tinggi Teknol. Mandala, vol. 12, no. 2, pp. 22–28, 2017.

K. Fatmawati and A. P. Windarto, “Data Mining: Penerapan Rapidminer Dengan K-Means Cluster Pada Daerah Terjangkit Demam Berdarah Dengue (Dbd) Berdasarkan Provinsi,†Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 3, no. 2, p. 173, 2018, doi: 10.24114/cess.v3i2.9661.

K. Erwansyah, “Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Hubungan Data Penjualan Produk Bahan Kimia Terhadap Persedian Stok Barang Menggunakan Algoritma FP ( Frequent Pattern ) Growth Pada PT . Grand Multi Chemicals,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD (J-SISKO TECH), vol. 2, no. 2, pp. 30–40, 2019.

Y. Putra, “Assosiaton rule(Algortima Apriori),†Assos. Algoritm. apriori, pp. 1–9, 2018.

S. B. Efori Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ) Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ),†J. Tek. Inform., vol. 4, no. August 2013, pp. 71–83, 2017.

Downloads

Published

2023-05-16