Data Mining Dalam Menentukan Pola Penjualan Barang Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Tumbur Dolok Saribu STMIK Triguna Dharma
  • Meri Sri Wahyuni STMIK Triguna Dharma
  • Syarifah Fadillah Rezky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v3i2.6145

Abstract

CV Ridho Star adalah perusahaan yang bergerak dalam menjual barang (ATK), cetak-mencetak guna memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya mahasiswa yang membutuhkan dalam menunjang perkuliahan. Tidak hanya percetakan fotocopy , masih banyak perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Pada Perusahaan ini terdapat permasalahan dalam barang (ATK) yang selama ini pemilik menghitung hasil penjualannya hanya dengan mencatat saja. Kadang hasil penjualan barang di catat kadang lupa, sehingga pada saat menghitung hasil pendapatan tidak sesuai dengan jumlah barang yang di jual. Pemilik mengharapkan adanya teknologi yang mampu untuk membantu dalam menghitung hasil penjualan barang (ATK) setiap bulannya. Permasalahan tersebut dibutuhkan keilmuan data mining dengan menggunakan metode Apriori untuk menyelesaikan permasalahan dalam penurunan penjualan dibutuhkan sebuah metode yang dapat menghasilkan sebuah informasi atau strategi marketing dalam menganalisa pola penjualan untuk membantu meningkatkan penjualan. Hasil penelitian ini algoritma Apriori mampu melakukan analisa terkait pola sesuai dengan kedua kasus tersebut dan dapat membantu dalam melakukan Analisa penjualan ATK. 

Author Biographies

Tumbur Dolok Saribu, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Meri Sri Wahyuni, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Syarifah Fadillah Rezky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

G. P. Ramanda and R. Vikaliana, “Analisis Pemilihan Supplier Alat Tulis Kantor Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process Pada PT . Bank XYZ Kantor Pusat,†vol. 3, no. 2, pp. 111–124, 2019.

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.41.

S. Amanah, “ISSN: 1693 – 6922 Peranan strategi promosi pemasaran ………,†vol. 1, pp. 55–66, 2017.

R. Gusrizaldi and E. Komalasari, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan,†Valuta, vol. 2, no. 2, pp. 286–303, 2016.

Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017, doi: 10.22202/ei.2016.v2i2.1465.

D. Menggunakan, M. Pembelajaran, and B. Komputer, “Wita Yulianti, 2) Salmidi,†vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2016.

Y. Irawan, “Penerapan data mining untuk evaluasi data penjualan menggunakan metode Clustering dan algoritma hirarki divisive,†Jtiulm, vol. 3, no. 1, pp. 13–20, 2019.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 118, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.202.

Azhari and Anshori, “Pendekatan aturan asosiasi untuk analisis pergerakan saham,†Knowl. Creat. Diffus. Util., vol. 2009, no. semnasIF, pp. 183–189, 2009.

M. A. Amri and S. W. Ningsih, “Penerapan Data Mining Penjualan Alat Tulis Kantor Menggunakan Algoritma Apriori Di Tiga Balata,†vol. 2, no. 3, pp. 138–146.

H. Santoso, I. P. Hariyadi, and Prayitno, “Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk,†Tek. Inform., no. 1, pp. 19–24, 2016, [Online]. Available: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/1200

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

Downloads

Published

2024-03-21