Decision Support System Untuk Menentukan Customer Penerima Reward Menggunakan Metode WASPAS

  • Lidya Afrina STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arief STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

Abstract

PT. Roda Asia Hanami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang vulkanisir ban di wilayah Sumatera Utara khususnya Kota Medan. Untuk bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama, salah satu cara yang digunakan dalam meningkatkan loyalitas customer yaitu dengan memberikan reward kepada customer terbaik. Namun, masalah yang terjadi adalah banyaknya customer yang menjadi alternatif sedangkan proses pemilihan saat ini masih dilakukan secara manual dan belum adanya sistem untuk menentukan customer penerima reward, sehingga dalam proses pemilihan akan memerlukan jangka waktu yang cukup lama. Dengan demikian bisa menimbulkan hasil penilaian yang kurang akurat. Oleh karena itu maka dibangunlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat melakukan proses penilaian data alternatif berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dikombinasikan dengan metode WASPAS. Metode WASPAS adalah sebuah metode yang bisa membantu dalam pengambilan keputusan dalam Sistem Pendukung Keputusan. Metode ini mampu mengambil keputusan dengan efektif atas masalah yang kompleks kemudian masalah yang ada di kelompokkan berdasarkan kriteria dan bobot sehinga didapatkan nilai dari tiap kriteria yang ada.

Author Biographies

Lidya Afrina, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Saiful Nur Arief, STMIK Triguna Dharma
Sistem Komputer
Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi

References

F. Indina, I. Purnama, S. Z. Harahap, K. Kunci, and M. Saw, “Analisa Metode SAW Dalam SPK Penentuan Pelanggan Terbaik,” vol. 4, no. 2, pp. 7–14, 2021. [2] O. Veza and N. Y. Arifin, “Sistem Pendukung Keputusan Calon Mahasiswa Non Aktif Dengan Metode Simple Additive Weighting,” J. Ind. Kreat., vol. 3, no. 02, pp. 71–78, 2020, doi: 10.36352/jik.v3i02.29.

Y. Aldi Muharsyah, Soraya Rahma Hayati, M.Ikhsan Setiawan, Heri Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi Obective Optimization On the Basis Of Ratio Analysis (MOORA),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

M. Handayani and N. Marpaung, “Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas) Dalam Pemilihan Kepala Laboratorium,” Semin. Nas. R. 2018 ISSN 2622-9986 STMIK R. R. ISSN 2622-6510 , vol. 9986, no. September, pp. 253 – 258, 2018.

Z. Khoiriah and H. B. Manik, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pelanggan Terbaik Ditoko Bangunan Menggunakan Metode WASPAS,” pp. 673–679, 2018..

S. K. Simanullang and A. G. Simorangkir, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 1, no. 9, pp. 472–478, 2021.

R. I. Borman and H. Fauzi, “Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa,” CESS J. Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2018.

A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Pinjaman Modal dengan Metode Multi Attribute Utility Theory,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 2, p. 117, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i2.1093.

A. A, P. S. Ramadhan, and S. Yakub, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Menenetukan Calon (Tailor) Penjahit di Ranhouse Medan dengan Menggunakan Metode AggregatedSum Product Assesment,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 2, p. 12, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i2.2029.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,” J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

A. R. Hasonongan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Penerima Penghargaan Menggunakan Metode AHP ( Analytichal Hierarchy Process ) Dan WSM ( Weight Sum Model ) Pada Showroom Mobil PT . Astra International , Tbk-Daihatsu Branch Medan,” Pelita Inform., vol. 9, pp. 1–6, 2020.

D. Anggraini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketing Officer Terbaik dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) (Studi Kasus: Bank BRI Unit Simpang Marendal),” J. Inf. Syst. Res., vol. 2, no. 3, pp. 200–205, 2021.

Published
2024-03-27