Penerapan Metode Weighted Product Untuk Menentukan Lokasi Kedai Coffee Blend
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v3i2.5956Abstract
Seperti yang kita ketahui sudah banyak penjual Coffee Blend dikota Medan, terlebih yang dijualkan adalah racikan Coffee yang sangat diminati masyarakat saat ini, karna Coffee Blend jenis ini lebih nikmat dan memiliki ciri khas rasa yang gurih. Sehingga banyak pelanggan yang menyukai. Untuk itu kedai Coffee Blend mulai memperluas wilayah usaha dengan membuka beberapa cabang tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi dalam menentukan lokasi usaha dengan menggunakan metode Weighted Product yang dapat memberikan kemudahan bagi pihak Pemilik Coffee Blend dalam menentukan lokasi usaha baru yang ingin dikembangkan ke depannya. Dalam Merancang kebutuhan perangkat lunak untuk membangun database menggunakan XAMPP, serta merancang tampilan antar muka dengan Sublime Text dan bahasa pemrograman PHP. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan tingkat keputusan yang tepat dalam menentukan lokasi usaha dan menyimpulkan dari pengelolahan data lokasi jadi lebih cepat dan efisien. Dengan adanya metode Weighted Product ini dapat memberikan tingkat keputusan yang lebih tepat dan akurat dalam menentukan lokasi usaha maka dibutuhkan pengujian kelayakan sistem, perhitungan yang menyatakan nilai untuk kelayakan lokasi.References
D. Diana, S. O. Kunang, and I. Seprina, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Usaha Jasa Umkm Menerapkan Analytical Hierarchy Process –Weighted Product Method,†J. Ilm. Matrik, vol. 22, no. 2, pp. 224–231, 2020, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v22i2.1005.
H. Khatimah, F. Sains, D. A. N. Teknologi, and U. I. N. A. Makassar, “Sistem pendukung keputusan pemilihan lokasi usaha pada arigato cell makassar berbasis web,†p. 59, 2018.
Y. K. Gulo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Barista Dengan Menggunakan Metode DEMATEL Dan WASPAS (Studi Kasus: Coffee Corner Medan),†KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 5, pp. 210–217, 2021.
R. Desha, A. Bermano, and D. Gustian, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Di Tentera Coffee Corp Dengan Menggunakan,†vol. 5, no. 1, pp. 13–21, 2018.
Yoga Handoko Agustin and H. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : Stmik Pontianak),†Semin. Nas. Inform. 2015, pp. 177–182, 2015.
R. I. Borman, D. A. Megawaty, and A. Attohiroh, “Implementasi Metode TOPSIS Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Biji Kopi Robusta Yang Bernilai Mutu Ekspor (Studi Kasus : PT. Indo Cafco Fajar Bulan Lampung),†Fountain Informatics J., vol. 5, no. 1, p. 14, 2020, doi: 10.21111/fij.v5i1.3828.
F. Nugraha and Y. Rahayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Daerah Produktif Penghasil Kopi Di Kabupaten Pati,†J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 95–98, 2019, doi: 10.24176/sitech.v1i2.2822.
E. W. Fridayanthie, N. Khoirurrizky, and T. Santoso, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product,†Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 1, pp. 41–46, 2020, doi: 10.31294/p.v21i2.6418.
R. Roni, S. Sumijan, and J. Santony, “Metode Weighted Product dalam Pemilihan Penerima Beasiswa Bagi Peserta Didik,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 1, pp. 87–93, 2019, doi: 10.29207/resti.v3i1.834.
G. Muhammad Junaidi, Fiqih Satria, “Model Pengambilan Keputusan Calon Penerima Bantuan Usaha Mikro Bank Lampung Dengan Metode Weighted Product,†Jtksi, vol. 03, no. 01, pp. 20–25, 2020.
A. K. Wardhani and A. Anindyaputri, “Sistem Informasi Pemilihan Tempat Wisata Menggunakan Metode Weighted Product,†Indones. J. Technol. Informatics Sci., vol. 2, no. 1, pp. 27–32, 2020, doi: 10.24176/ijtis.v2i1.5649.
D. Hermansyah, A. Rizky Natasya, I. R. Mukhlis, S. A. Laga, and G. Suprianto, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Pemilihan Lokasi Perumahan Strategis di Sidoarjo Dengan Metode Weighted Product,†vol. 223, pp. 141–150, 2023.