Sistem Pendukung Keputusan Peningkatan Pelayanan Perawat Pada Pasien Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory

Authors

  • Rasita Br Barus STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v3i2.5937

Abstract

Rumah sakit adalah sarana penyedia jasa pelayanan kesehatan bagi masyarakat. RSU.Hidayah Delitua merupakan salah satu rumah sakit swasta yang menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan penjaminan Umum, BPJS Kesehatan,Perusahaan dan Asuransi. Agar dapat bertahan dan berkembang dengan baik, maka RSU. Hidayah  Medan harus dapat menciptakan kemampuan bersaing yang baik, terutama dalam hal pelayanan medis, pelayanan administrasi dan kenyamanan, sehingga dapat memenangkan persaingan. Diantara cara yang dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan terhadap pasien adalah dengan informasi penilaian kepuasan pasien. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat digunakan dalam mengolah data penilaian pasien. Salah satu sistem yang dapat dibangun adalah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Fuzzy Associative Memory (FAM). Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, instansi ataupun perusahaan. FAM adalah metode pengambilan keputusan yang fleksibel, merupakan suatu sistem fuzzy yang memetakan himpunan fuzzy ke himpunan fuzzy lainnya. 

Author Biographies

Rasita Br Barus, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. K. Sari, E. Sihombing, and Solikhatun, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bidang Kesehatan,†Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. 2006, 2006.

N. Florida, C. López, and V. Pocomucha, “CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk,†vol. 2, no. 2, pp. 35–43, 2012.

Febriana and D. Irawan, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kualitas Pelayanan Pada Apotek Among Rogo Adiluwih,†Informatika, vol. 5, no. 09, pp. 197–203, 2017.

Abdurahman, Junaidi, and Aminuyati, “Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan (Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak),†J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, no. 2, pp. 1–22, 2017, [Online]. Available: https://www.semanticscholar.org/paper/ANALISIS-KUALITAS- PELAYANAN-JASA-

KESEHATAN-(PADA-Abdurahman- Junaidi/cbc3defcab2e923da685fcefe9b00ad8fa9ae1cf.

T. Tugiono, M. K. Situmorang, and A. Azlan, “Implementasi Fuzzy Associative Memory (FAM) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan (RSU) Martha Friska Multatuli Medan,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 70, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.197.

M. Dahria, S. N. Arief, I. Santoso, and R. Kustini, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Jasa Kebersihan Di Pt. SASMenggunakanMetode Fuzzy Asosiative Memory,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.237.

S. Consulting, “Pengertian Rumah Sakit Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI | Konsultan Rumah Sakit - Konsultan Manajemen Rumah Sakit - Hospital Management Consultant - Studi Kelayakan - Business Plan.†2013, [Online]. Available: http://smartplusconsulting.com/2013/09/pengertian-rumah-sakit-menurut- keputusan-menteri-kesehatan-ri/.

KabupatenBuleleng, “Pengertian Rumah Sakit Definisi Fungsi Macam Karakteristik Tipe A B C D,†Buleleng.co.id. 2018, [Online]. Available: https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/pengertian-rumah-sakit-definisi- fungsi-macam-karakteristik-tipe-a-b-c-d-79.

L. Purba, “Hubungan positif antara kemampuan berempati dengan kualitas pelayanan pada perawat di Rumah Umum Daerah Deli Serdang Lubukpakam,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016.

L. Rohayani, S. Martina Helmalia, and I. Inayah, “Hubungan Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Ruang Rawat Inap,†J. Keperawatan Komplementer Holist., vol. 2, no. 1, pp. 34–43, 2024.

Lukman, “Jurnal Penelitian Perawat Profesional Pencegahan Tetanus,†Br. Med. J., vol. 2, no. 5474, pp. 1333–1336, 2023.

Downloads

Published

2024-03-21