Implementasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Feline Calicivirus Pada Kucing Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor

  • Resdiana Turnip STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniayanti STMIK Triguna Dharma

Abstract

Feline Calicivirus pada kucing adalah spesies virus yang berada dalam famili Caliciviridae yang menyebabkan penyakit pada kucing. Virus ini merupakan salah satu dari dua virus penyebab infeksi saluran pernapasan pada kucing. Feline Calicivirus pada kucing ini bisa terjadi kesemua jenis kucing dan hal ini disebabkan karna kurangnya pengetahuan dalam mencegah dan merawat kucing peliharaan sehingga mengakibatkan terinfeksi dengan virus.Permasalahan tersebut dapat disarankan dengan keilmuan sistem yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Dengan adanya suatu Sistem Pakar yang ditujukan untuk melakukan mengetahui probabilitas atau persentase dari penyakit yang dialami hewan kucing dan dapat mendiagnosa penyakit Feline Calicivirus secara akurat dan efisien. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan dalam mendiagnosa penyakit kolerea dan dapat mendiagnosa penyakit Feline Calicivirus secara akurat dan efisien dengan menggunakan sistem berbasis desktop. 

Author Biographies

Resdiana Turnip, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Sri Murniayanti, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi

References

V. “Perhitungan Rekonsiliasi Pajak Penghasilan Terutang Berdasarkan Peraturan Perpajakan Dan Psak No 46 Pada Pt Cipta Elektrik Kreasindo Medan," Jurnal Ilmiah Smart,” vol. II, no. 60-72, 2018.

E. Lestari dan E. U. Artha, “Sistem Pakar Dengan Metode K-NN Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang,” Khazanah Informatika, vol. III, no. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan dan Y. Brianorman, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android,” Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 45-55, 2017.

L. Putri, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,”

Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. I, no. 2, 2020.

P. Ramadhan, “Penerapan Euclidean Probability Dalam Pendeteksian Penyakit Impetigo,” CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), vol. IV, no. 1, 2019.

D. Aldo, S. Putra dan R. Nurmalina, “Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode K-NN,” vol. IV, no. 1, 2019.

R. A. S dan M. .. Shalahuddin, REKAYASA Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2018.

R. E. Johane, E. Santoso dan S. , “Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Deteksi Penyakit Pada Anjing,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , vol. IV, no. 5, pp. 1580-1583, 2020.

S. dan E. Nuramilus, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Demam: DBD, Malaria dan Tifoid Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor – Certainty Factor,” Fakultas Ilmu Komputer, 2017.

P. dan . A. , “Diagnosis Tingkat Risiko Penyakit Stroke Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan Naïve Bayes,” Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, Malang, 2019.

N. A. Siregar, R. Akram, and N. Fadillah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Anggora Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Website,” Chain J. …, pp. 68–77, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.techcart-press.com/index.php/chain/article/view/30%0Ahttps://ejournal.techcart-press.com/index.php/chain/article/download/30/24

I. W. A. Stadana et al., “Feline infectious peritonitis pada kucing domestik Laboratorium Penyakit Dalam Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan , Universitas Udayana , Jl . PB . Sudirman , Denpasar , Bali , Indonesia 80234 . Abstrak PENDAHULUAN Kucing merupakan salah satu jenis hewan,” pp. 156–168, 2024.

Published
2024-03-22