Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Abses Periodontal (Gusi Bernanah) Menggunakan Dempster Shafer

Authors

  • Etika Purnama Dewi STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i2.5893

Abstract

Abses Periodontal merupakan infeksi yang terletak di sekitar poket periodontal dan dapat menyebabkan kerusakan ligamentum atau jaringan periodontal dan tulang rahang. Sebagian besar masyarakat pada umumnya seringkali menganggap remeh suatu penyakit yang berhubungan dengan gusi, sehingga pada saat pasien ditangani oleh dokter pasien telah mengalami kondisi yang lebih parah dikarenakan minimnya informasi atau fasilitas untuk mendiagnosa penyakit abses periodontal, serta biaya untuk periksa ke dokter yang tidaklah murah dan kurangnya rasa percaya diri seseorang saat melakukan diagnosa ke dokter. Berdasarkan uraian masalah yang telah disebutkan, maka itu diperlukan sebuah sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke dalam komputer yang disebut dengan Sistem Pakar yang bertujuan untuk mendiagnosa penyakit abses periodontal agar membantu penderita untuk mendapatkan jawaban dari penyakit yang dihadapinya dengan menggunakan metode dempster shafer. Pemilihan metode dempster shafer didalam judul ini dikarenakan metode dempster shafer dapat mencari ketidakkonsistenan akibat adanya penambahan atau pengurangan fakta baru yang akan merubah aturan yang ada, sehingga metode Dempster Shafer memungkinkan seseorang aman dalam melakukan pekerjaan seorang  pakar. Hasil penelitian ini merupakan terciptanya Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Abses Periodontal Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer.

References

I. Andriani, “Perawatan periodontal pasca abses periodontal,†vol. 5, no. 3, pp. 1–6, 2019.

E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari, and Z. Lubis, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer,†J. CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jct/index

K. Nasional, I. Sosial, H. Destiana, F. S. Andhika, and P. Gigi, “MENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI DENGAN METODE DEMSPTER-SHAFER,†pp. 590–594, 2017.

F. T. Industri, “SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT GIGI DAN MULUT PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN MESIN,†vol. 2, no. 1, pp. 107–114, 2018.

M. Aufa, “sinta3 SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PERIODONTAL MENGGUNAKAN METODE,†vol. 11, no. 2, 2020.

S. K. Fadjar Efendy Rasyid, “Infeksi Pada Gusi,†28-08, 2018.

M. Zunaidi and R. Kustini, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Dyshidrotic Eczema pada Orang Dewasa dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 2, no. 1, pp. 84–91, 2019.

S. Nurarif, I. Zulkarnain, H. Winata, J. Hutagalung, and P. S. Ramadhan, “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Cholelithiasis Menggunakan Metode Teorema Bayes Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD,†vol. 6, pp. 227–234, 2023.

S. K. M. K. Zulfian Azmi, S.T, M.KOM & Verdi Yasin, Pengantar Sistem Pakar Dan Metode. Mitra Wacana Media, 2017.

A. Saputra and J. Sukmana, “Sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit lambung dan penanganannya menggunakan metode dempster shafer,†vol. VI, 2019.

M. A. Rizky, M. Z. Siambaton, and O. K. Sulaiman, “E-Diagnosis Penyakit Gigi Menggunakan,†vol. 10, pp. 19–32, 2021.

R. Setiawan, C. Suhery, and S. Bahri, “Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Infeksi Penyakit Tropis Berbasis Web,†J. Coding, Sist. Komput. Untan, vol. 06, no. 03, pp. 97–106, 2018.

Downloads

Published

2023-03-27