Pengolahan Citra Untuk Mendeteksi Tepi Citra Gigi Berlubang Menggunakan Metode Canny

  • Fadiyah Khairunnisa STMIK Triguna Dharma
  • Mhd. Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma

Abstract

Gigi merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam mengunyah makanan, membantu kelancaran berbicara, dan juga untuk estetika. Di dalam rongga mulut manusia, terdapat gigi yang memiliki bentuk dan struktur yang bervariasi. Citra gigi berlubang berguna untuk melihat sejauh mana kehancuran terhadap gigi yang berlubang. Tetapi, tidak semua citra tersebut memiliki hasil dengan kualitas yang baik seperti memiliki derau (noise). Oleh sebab itu digunakanlah Pengolahan Citra dengan menerapkan deteksi tepi metode Canny pada suatu citra guna untuk memproses hasil segmentasi dan identifikasi objek pada citra gigi berlubang. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dibentuknya sebuah aplikasi pengolahan citra berbasis dekstop dengan menggunakan metode Canny. Adapun hasil dari program ini diharapkan dapat membantu dalam mengidentifikasi kerusakan terhadap gigi yang berlubang.

Author Biographies

Fadiyah Khairunnisa, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Mhd. Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma
Sistem Komputer

References

F. Nurlaela, “Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Gigi Pada Manusia,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 10, no. 4, pp. 76–82, 2013.

S. Aripin, L. Sarumaha, and M. N. Sinaga, “Implementasi Metode Laplacian of Gaussian Dalam Deteksi Tepi Citra Gigi Berlubang,” Sainteks, pp. 393–396, 2020.

A. . Asy’ari, “Deteksi Tepi Citra Khat Arab Menggunakan Operator Sobel dan Canny,” 2015.

M. M. Sobel, R. Canny, P. Teguh, K. Putra, N. Kadek, and A. Wirdiani, “Pengolahan Citra Digital Deteksi Tepi Untuk Membandingkan Metode Sobel, Robert dan Canny,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 253–261, 2016.

L. H. Harefa, “Analisis Edge Detection Citra Digital Dengan Menggunakan Metode Robert Dan Canny,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 29–34, 2016.

I. Muhimmah, N. F. Muchlis, and A. Kurniawardhani, “Deteksi kemerahan pada kulit wajah dengan teknik pengolahan citra,” Deteksi Kemerahan Pada Kulit Wajah Dengan Tek. Pengolah. Citra, pp. 1–8, 2018.

P. R. Kalbuadi, “Analisis Pola Ekspresi Gembira Wajah Manusia Skripsi,” vol. 151, no. 2, pp. 10–17, 2018.

M. Nurullah, “Studi Pembanding Deteksi Tepi (Edge Detection) Citra Jpeg Dengan Operator Sobel Dan Operator Canny Menggunakan Software Matlab,” no. September, 2014.

Madhulika et al., “Implementing edge detection for medical diagnosis of a bone in matlab,” Proc. - 5th Int. Conf. Comput. Intell. Commun. Networks, CICN 2013, no. September, pp. 270–274, 2013.

A. Baloch, T. D Memon, F. Memon, B. Lal, V. Viyas, and T. Jan, “Hardware Synthesize and Performance Analysis of Intelligent Transportation Using Canny Edge Detection Algorithm,” Int. J. Eng. Manuf., vol. 11, no. 4, pp. 22–32, 2021.

G. Mahmoud, “Edge Detection Methods,” NNGT (N&N Glob. Technol., pp. 1–8, 2015.

B. K. T. Ervina Farijki1, “Segmentasi Citra Mri Menggunakan Deteksi Tepi,” J. Matrik Vol. 16 No. 2, pp. 17–24, 2017.

P. Soepomo, “Implementasi Metode Canny Untuk Deteksi Tepi Mutu Daun Tembakau,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 231–243, 2014.

Published
2024-03-30