Penerapan Data Mining Pola Penjualan Barang Pada Koperasi Dengan Menggunakan Metode Algoritma FP-Growth

  • Destari Magdalena Br. Sitorus STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syaputra STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

Abstract

Koperasi adalah badan usaha yang kepemilikan atau keanggotaannya merupakan konsumen utama dari unit bisnis tersebut. Perbedaannya dengan unit bisnis lain adalah prinsip dari koperasi sendiri yang menganut prinsip kekeluargaan. Koperasi PT. Pagira adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sembako yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Setiap harinya terjadi transaksi penjualan barang yang mengakibatkan banyaknya data transaksi penjualan toko yang menumpuk dan sulitnya menganalisa pola barang penjualan. Data transaksi penjualan yang melimpah dapat diolah menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan tersebut salah satu diantaranya adalah pola penjualan sembako, dimana pola penjualan sembako ini berguna untuk mengetahui barang – barang apa sajakah yang perlu di stok. Permasalahan tersebut dibutuhkan keilmuan data mining dengan menggunakan metode FP-Growth untuk menyelesaikan permasalahan dalam penurunan penjualan dibutuhkan sebuah metode yang dapat menghasilkan sebuah informasi atau strategi dalam menganalisa pola penjualan untuk membantu meningkatkan penjualan dengan cepat dan akurat.hasil penelitian ini algoritma FP-Growth mampu melakukan analisa terkait pola sesuai dengan kedua kasus tersebut dan dapat membantu dalam melakukan analisa pola penjualan barang pada PT. Pagira.

Author Biographies

Destari Magdalena Br. Sitorus, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Trinanda Syaputra, STMIK Triguna Dharma
sistem informasi
Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma
sistem informasi

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program SDP," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Rosa A.S dan M.Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, VOL 1 ed., Bandung: Informatika Bandung, 2018.

J. Rumbaugh, I. Jacobson and G. Booch, The unified modeling language reference manual, Addison-Wesley, 1999, p. 550.

Sulastri dan Sarwindah, "Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Pada Hotel Jati Wisata Pangkalpinang Dengan Metodologi Berorientasi Objek," 2014.

Amir Setiawan, "Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Indomaret GKB Gresik dengan Metode Apriori7", 2015.

Y. S. Putra, R. Kurniawan, Y. A. Wijaya, T. Informatika, S. Informatika, and D. Mining, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA PENJUALAN SEMBAKO,” vol. 8, no. 1, pp. 561–567, 2024.

M. F. Andrijasa and D. Mistianingsih, “Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Jumlah Pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur Dengan Menggunakan Algoritma Pembelajaran Backpropagation,” 2010.

Published
2024-03-16