Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kopi Arabica (Coffee Arabica) Menggunakan Metode Dempster Shafer

  • Turi Rosmaida Manik STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

Abstract

Tanaman kopi khususnya tanaman kopi Arabica memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi robusta. Salah satu jenis kopi yang sangat di minati dan sering dikonsumsi oleh petani Indonesia yaitu jenis kopi arabica. Dimana, kopi arabica memiliki kualitas terbaik diantara yang lainnya,karena memiliki ciri dan aroma rasa yang sedikit asam dan warna yang tidak terlalu pekat.. Salah satu permasalahan yang terdapat pada saat penanaman kopi Arabica adalah sulitnya menanggulangi hama dan penyakit yang ada pada kopi Arabica disamping itu, kopi ini pula yang menjadi mata pencaharian para petani yang ada di wilayah Pakpak Bharat, maka dari itu, harus ada cara pengobatan dan penanggulangan pada hama dan penyakit untuk jenis kopi Arabica, termasuk pula cara pendeteksian awal hama dan penyakit ini juga harus cepat Berdasarkan kemajuan dalam bidang komputer dan informatika, sehingga kerumitan dan kesulitan dapat ditanggulangi dengan pemanfaatan teknologi informasi dengan membuat aplikasi yang dapat mendeteksi hama dan penyakit kopi, yaitu bidang keilmuan sistem pakar dan landasan data dari Dinas Pertanian Pak-Pak Bharat dengan menggunakan metode dempster shafer. Hasil penelitian iniĀ  dapat mendiagnosa penyakit dan Hama menggunakan sistem yang dibangun berbasis desktop yang diambil dari pengetahuan pakar secara cepat dan efisien, dan diharapkan juga perangkat lunak yang dirancang dapat membantu petani dan pengguna khususnya dalam memprediksi penyakit dan Hama.

Author Biographies

Turi Rosmaida Manik, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi

References

F. R. Lumbanraja, S. Rosdiana, H. Sudarsono, A.Junaidi, " Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Tanaman Kopi Menggunkan Metode Breadth First Search (BFS) Berbasis Web," Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, Vol.I. No.1, 2020. (Journal of Midwifery Sciences), vol. IX, no. 1, pp. 36-41, 2020.

M. Dahria, "Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi," Jurnal SAINTIKOM, vol. X, no. 3, pp. 199-205, 2011.

M. D. Sinaga and . N. S. Br. Sembiring, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart Journal, vol. II, no. 2, pp. 94-107, 2016.

N. Firmansyah, A.Johar, P., " Sistem Pakar Identifikasi Pengecekan Kualitas Kopi Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Rekursif, vol. V, no. 3, , 2017

S. Iswanti And R. N. Anggraeny, "Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor," Informatika Mulawarma : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. XIV, No. 1, Pp. 39-45, 2019.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. Dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar Dan Metode (Introduction Of Expert System And Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, Pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan And M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

M.Zunaidi, M.Syahril, A.Lubis, "Penerapan Sistem Pakar Untuk

Mendeteksi Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Dengan Metode Dempster Shafer," JURNAL RESTI, Vol. XVI, No.2, 2017.

R. Nurmalina, J. A. Yani Km, T. Laut And K. Selatan, "Perencanaan Dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," 2017.

Rosa A.S Dan M.Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan

Berorientasi Objek, VOL 1 Ed., Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Published
2024-03-14