Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Lokasi Pengembangan Usaha Menggunakan Metode ARAS

Authors

  • Halimah Br Hasibuan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma
  • Zulkifli Lubis STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5774

Abstract

Parfum memiliki peranan penting pada kehidupan manusia, sebab bisa memberikan kesenangan hidup (joys of live), mempengaruhi kejiwaan serta syarat dan mewangikan bahan yang tak berbau wangi. Quality Parfume adalah sebuah toko yang menjual berbagai jenis aroma parfum. Saat ini proses penjualan dilakukan masih dengan cara manual seperti konsumen datang langsung ke toko untuk melihat dan mencoba berbagai jenis koleksi aroma yang tersedia dan selanjutnya melakukan transaksi tunai. Toko Quality Parfume merupakan toko parfum yang memiliki perkembangan yang cukup pesat dan memiliki beberapa cabang di beberapa daerah. Sehingga hal ini menguatkan  pemilik  untuk  menentukan  kelayakan  lokasi  pengembangan  pada toko quality parfume. Disamping itu apakah lokasi tersebut memperoleh cakupan pemasaran yang baik dan menarik keuntungan yang besar juga menjadi alasan pemilik Quality Parfume untuk menentukan kelayakan lokasi toko. Maka dari itu solusi pada permsalahan tersebut adalah dengan menerapkan Sistemm Pendukung Keputusan dengan menggunakan Metode ARAS. Dimana diketahui metode ARAS melakukan perangkingan dengan membandingkan nilai setiap kriteria pada setiap alternatif dengan mengecek bobot masing-masing kriteria untuk memperoleh alternatif yang ideal. Hasil dari penelitian ini merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Penerapan Metode ARAS untuk menentukan kelayakan lokasi pengembangan usaha Toko Quality Parfume dengan efektif dan efisien.  

Author Biographies

Halimah Br Hasibuan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rini Kustini, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Andika and F. Susanti, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang,†pp. 1–13, 2018, doi: 10.31227/osf.io/upgc3.

Wikipedia, “Parfum,†Wikipedia, 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Parfum (accessed Oct. 19, 2021).

H. Suryana, “Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Pembiayaan Nasabah Dengan Model AHP Di PT BPRS AMANAH UMMAH,†2013.

J. Hutagalung and M. T. Indah R, “Pemilihan Dosen Penguji Skripsi Menggunakan Metode ARAS, COPRAS dan WASPAS,†J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 354–367, 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1240.

F. Pratiwi, F. T. Waruwu, U. D. Putro, and S. Rian, “Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik PAda PTPN V,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 651–662, 2019.

M. Iqbal Alamsyah and K. Berliani, “Studi Kelayakan Lokasi Melalui Analisa Potensi Pasar Dan Proyeksi Keuangan Menggunakan Mapping Bcg Matriks Yang Dimodifikasi Pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus pada Usaha Kuliner ‘ Ayam Edward ’),†JURISMA J. Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 35–52, 2019.

H. Sukmawati and F. Z. Nasution, “Analisis Kelayakan Bisnis Syariah Pada Usaha Mikro Tempe,†J. Ekon. Syariah, vol. 4, no. 1, pp. 38–48, 2019.

Yilistriyani, I. Kanedi, and L. Elfianty, “Implementasi Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) untuk Penilaian Kinerja Karyawan pada Kantor Perum Bulog,†J. Kom., vol. 1, no. 1, pp. 106–116, 2021, doi: https://doi.org/10.53697/jkomitek.v1i1.

C. Maulana, A. Hendrawan, and A. P. R. Pinem, “Pemodelan Penentuan Kredit Simpan Pinjam Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Pengemb. Rekayasa dan Teknol., vol. 15, no. 1, pp. 7–11, 2019.

L. C. L. Gaol and A. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Team Leader Shift Terbaik Dengan Menggunakan Metode Aras Studi Kasus Pt. Anugrah Busana Indah Lia,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 5, no. 2, pp. 101–106, 2018.

J. Hutagalung, D. Nofriansyah, and M. A. Syahdian, “Penerimaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Menggunakan Metode ARAS,†J. Media Inform. Budidarmadidarma, vol. 6, no. 1, pp. 198–207, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3478.

Downloads

Published

2022-07-27