Penerapan Metode Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Buah Duku

Penulis

  • Pratama H Napitupulu STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan Perangin-Angin STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v3i1.5743

Abstrak

Penyakit yang menyerang tanaman duku adalah cendawan mati pucuk cabang (Gloesporium gloesporoides) dan bercak cekelat pada buah yang disebabkan oleh antraknosa (Colletotrichum gloeosporoides). Kelelawar dan tikus merupakan binatang yang dapat merusak buah. . Oleh karena itu, buah duku yang masih muda harus diberongsong dengan bongsang  yang dibuat khusus atau dibungkus dengan karung dan dibutuh suatu sistem pakar dapat membantu mendiagnosa penyakit tanaman buah duku. Sistem pakar dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. metode ini  merupakan  suatu metode untuk membuktikan ketidakpastian pemikiran seorang pakar, dimana untuk mengakomodasi hal tersebut seseorang biasanya  menggunakan teorema bayes untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi.  Penelitian ini bertujuan membuat pakar dapat mendiagnosa penyakit tanaman buah duku dan memberikan solusi tanaman penyakit tanaman buah duku dengan menggunakan teorema bayes.

Biografi Penulis

Pratama H Napitupulu, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Moch Iswan Perangin-Angin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

L. Corr, “D u k u (,†pp. 1–13.

Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Permasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, “Duku (Lansium domesticum Corr.,†Kant. Deputi Menegristek Bid. Pendayagunaan dan Permasyarakatan Ilmu Pengetah. dan Teknol., pp. 1–13.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†J. Teknol. Inf. Din., vol. XIII, no. 2, pp. 115–124, 2008.

Ninla Elmawati Falabiba et al., “済無No Title No Title No Title,†Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 5, no. 2, pp. 40–51, 2014.

S. Rosa, “Politeknik Negeri Sriwijaya 4,†Pembangkitan Energi List., vol. 7, no. 1, pp. 8–31, 2016.

M. R. Fadillah, B. Andika, and D. Saripurna, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Dan Hama Penyerang Tanaman Bougenville Dengan Metode Teorema Bayes,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 1, p. 88, 2020, doi: 10.53513/jis.v19i1.229.

“karakteristik sistem pKAR.†.

D. D. Satriawan, E. Kumalasari, and A. Hamzah, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Kelinci Berbasis Web,†J. Scr., vol. 4, no. 2, pp. 148–155, 2017.

W. R. K. Rahayu, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Defisiensi Tanaman Pada Hidroponik Pertanian Berbasis WEB,†Jur. Tek. Inform. Fak. Sains dan Teknol. Univ. Islam Negeri Malang, 2018.

P. S. Ramadhan and S. N. Arif, “Penerapan Teorema Bayes Untuk Mediagnosa Defisiensi Imun,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 14, no. 2, p. 103, 2019, doi: 10.30872/jim.v14i2.2060.

Diterbitkan

2024-01-12