Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Pada Pohon Jati Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Doli Indra Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triiguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5738

Abstract

Pohon jati merupakan salah satu tanaman yang sangat berguna dan bermanfaat untuk membangun rumah bahkan perabotan rumah seperti kursi, meja dan lain-lain. Pohon jati sendiri merupakan pohon yang cukup mudah ditemui di hutan-hutan di Indonesia. PT Yasanda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri perkebunan pohon jati. Pada PT Yasanda masih terdapat banyak kendala dalam proses pendiagnosaan penyakit tanaman pohon kayu jati, adapun kendala yang terjadi adalah kurangnya pengetahuan karyawan terhadap penyakit tanaman pohon jati.Berdasarkan kemajuan dalam bidang komputer dan informatika, sehingga kerumitan dan kesulitan dapat ditanggulangi dengan menyediakan perangkat lunak (sistem pakar), Sistem pakar merupakan sistem yang menggunakan pengetahuan manusia ditangkap di komputer untuk memecahkan masalah yang biasanya membutuhkan keahlian manusia, maka bidang keilmua yang digunakan adalah sistem pakar dengan menggunakan metode Teorema BayesHasil penelitian ini  untuk pengimplementasian sistem yang dilakukan menggunakan aplikasi mampu melakukan diagnosa Pohon Jati yang digunakan dengan baik, sehingg proses diagnosa tetap dapat dilakukan dengan baik

Author Biographies

Doli Indra Nasution, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triiguna Dharma

Sistem Komputer

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Pamungkas, " Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika," Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Pohon Jati Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android, vol. I, no. 1, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari, Z. Lubis, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Jurnal CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021.

P. S. Ramadhan and S. Nurarif, "Penerapan Teorema Bayes Untuk Mediagnosa Defisiensi Imun," Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. XIV, no. 2, pp. 103-110, 2019.

Y.Rizhain, M.Sumadyo, "Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Mesin Sepeda Motor Non Matic Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web," 2016.

S. Halim and S. Hansun, "Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis," Jurnal ULTIMA Computing, vol. 7, no. 2, pp. 59-69, 1 8 2016.

N. Susanto, R. Purwaningsih and A. Baharullah, "Analisis Pengaruh Transmisi Mobil Manual Dan Otomatis Terhadap Tingkat Kesulitan Yang Dihadapi Pengemudi Pemula," 2017.

S. Munahar and M. Setiyo, "Pemodelan AFR pada Mesin EFI dengan Kontrol Dinamika Mesin, Kecepatan Kendaraan, dan Sistem Transmisi AFR Modeling of EFI Engine Based on Engine Dynamics, Vehicle Dynamics, and Transmission System," vol. 7, no. 1, pp. 2089-4880, 2017.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

P. S. Ramadhan and Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

Downloads

Published

2022-07-22