Penerapan Metode Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Impetigo Pada Anak

Authors

  • Ricardo Tumanggor STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Feri Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5690

Abstract

Salah satu penyakit kulit yaitu penyakit Impetigo. Impetigo adalah suatu pioderma (infeksi kulit akibat bakteri Staphylococcus, Streptococcus, atau keduanya). Impetigo lebih sering terjadi di iklim tropis dan di dataran rendah. Penularan bakteri penyebab Impetigo dapat terjadi melalui perantara, seperti baju, handuk, serbet, dan sebagainya yang sebelumnya dipakai bersama. Impetigo memiliki dua jenis yang berbeda seperti Impetigo Bulosa adalah jenis penyakit Impetigo yang sering menyerang pada anak, ditandainya dengan kelainan pada kulit dan cairan yang keluar pada kulit yang mengakibatkan infeksi kulit kronis. Dan Impetigo Non Bulosa adalah jenis Impetigo yang manifestasi gejalanya dapat menular dari serangan udara. Dan karena kurangnya seorang Ahli spesialis kulit di Rsu. Mitra Sejati yang mengakibatkan masyarakat sulit untuk berkonsultasi dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya Impetigo sehingga lama dalam penyembuhannya maka, sangat diperlukan informasi yang tepat dan mudah terhadap penyakit Impetigo dengan Sistem Pakar. Sistem Pakar adalah sistem yang mampu menirukan penalaran seorang Pakar yang dapat menyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini mampu  mengukur tingkat probabilitas terhadap gejala-gejala yang terjadi dalam menyimpulkan penyakit yang diderita oleh Pasien, sehingga pasien dapat melakukan konsultasi dengan lebih cepat dan mudah.

Author Biographies

Ricardo Tumanggor, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Feri Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Damanik, “Sistem Pakar Diagnosa Gizi Buruk pada Balita dengan Metode Bayesian Network,†Inf. Syst. Dev., vol. 3, no. 2, 2018.

A. H. Nasyuha, M. I. Perangin Angin, and M. M. Marsono, “Implementasi Dempster Shafer Dalam Diagnosa Penyakit Impetigo Pada Balita,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, p. 700, 2020.

A. Sianturi, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Jahit Janome Menggunakan Metode Variable Centered Intelligent Rule System ( VCIRS ) dan Naïve Bayes,†vol. 1, no. 3, pp. 201–208, 2021.

E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari, Z. Lubis, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Jurnal CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021.

S. Murni and F. Riandari, “Penerapan Metode Teorema Bayes Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung,†J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 1, no. 2, pp. 19–25, 2018.

D. H. Pratiwi, Buku Ajar Sistem Pakar. Kuningan: Goresan Pena, 2018.

A. Jeklin, “Definisi Penyakit impetigo,†vol. 1, no. July, pp. 1–23, 2016.

Soesanti Harini Hartono, “Impetigo, Infeksi Kulit Menular Pada Anak, Begini Cara Mencegahnya,†GridHealth, 2021. .

B. Sasangka and A. Witanti, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Anak Menggunakan Teorema Bayes,†JMAI (Jurnal Multimed. Artif. Intell., vol. 3, no. 2, pp. 45–51, 2019.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Fandi Fabriyan, “Pengertian UML,†Kampus, 2021. [Online]. Available: https://itkampus.com/pengertian-uml/.

Downloads

Published

2022-07-22