Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Stock BBM Berdasarkan Hasil Penjualan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani

Authors

  • Agus Sriyanti STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v3i1.5658

Abstract

Stok adalah suatu kegiatan perusahaan  untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahan-bahan atau sumber-sumber faktor Stok dengan tujuan untuk dijual lagi. Stok sangat berperan  penting bagi orang yang ingin membangun suatu usaha.  Pada saat ini, persaingan dibidang  usaha sangat kompetitif, ini dikarenakan tuntutan zaman yang semakin serba cepat. Apabila suatu usaha tidak dapat memenuhi kebutuhan permintaan konsumen karena kekurangan persediaan maka para konsumen tersebut bisa saja beralih ke perusahaan lain karena kecewa. Hal ini tentu dapat minimbulkan kerugian bagi perusahaan dan mengurangi laba perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut maka beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu permintaan dan persedian barang sehingga dapat mendukung jalannya suatu usaha dengan baik dan tidak menimbulkan kerugian. Oleh karena itu salah satu cara yang  bisa digunakan  untuk menyeselesaikan masalah  tersebut dengan mengembangkan sebuah aplikasi dalam sistem pedukung keputusan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yaitu aplikasi interaktif berbasis komputer yang membuat sosiasi data maupun model matematis guna membantu proses pengambilan keputusan dalam mengatasi permasalahan. Sistem pendukung keputusan dapat dikembangkan dalam upaya  penentuan yang akan digunakan  dengan   metode Fuzzy Mamdani. Implementasi Metode Fuzzy Mamdani merupakan salah   satu  pendekatan yang menggunakan beberapa tahapan tertentu. Beberapa bentuk dalam fuzzy logic banyak yang diterapkan untuk menyelesaikan berbagai suatu permasalahan salah satunya yaitu  fuzzy Mamdan. Sistem pendukung keputusan menggunakan logika fuzzy telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Logika fuzzy dapat dikategorikan sebagai sistem pendukung keputusan ketika solusi atau hasil yang diperoleh dari perhitungan logika fuzzy dapat dijadikan suatu ketupusan.

Author Biographies

Agus Sriyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Nurmalasari and A. A. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT Transcoal Pacific Jakarta," Jurnal Teknik Komputer, no. 2, pp. 48-55, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "LOGIKA FUZZY DALAM SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA".

Muchammad Abrori and Amrul hinung p rihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdan I Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," 2015.

V.N Nasution, G Prakarsa "Optimasi Produksi Barang Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani," JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, pp. 129-135, 2020.

Bagus Prasetyo, Wawan Laksito Y.S. and Siswanti, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET INTERNET OPERATOR TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)".

Teuku Mufizar, Teten Nuraen and Arianti Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Cogito Smart Journa, vol. Vol 33, 2017.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "LOGIKA FUZZY DALAM SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA".

muchammad Abrori and Amrul hinung p rihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdan I Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," 2015.

W. Toto Priyo, "PENERAPAN LOGIKA FUZZY DALAM OPTIMASI PRODUKSI BARANG MENGGUNAKAN METODE MAMDANI," 2017.

S. Arifin, M. Aziz Muslim, J. Matematika and U. Negeri Semarang, "Implementasi Logika Fuzzy Mamdani untuk Mendeteksi Kerentanan Daerah Banjir di Semarang Utara," Scientific Journal of Informatics, vol. 2, no. 2, pp. 2407-7658, 2015.

Downloads

Published

2024-01-12