Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Santri Yang Layak Masuk Organisasi Pelajar Menggunakan Metode COPRAS

Authors

  • Muit Sunjaya STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v3i1.5631

Abstract

Pada Tahfizhul Al Qur’an Darul Adib dalam pengambilan keputusan untuk menentukan pemilihan Santri yang layak masuk Organisasi Pelajar Darul Adib (OPDA) terdapat suatu permaslahan dalam pemilihan OPDA disini dari awal ajang perekrutan hingga sekarang tergolong sangat tidak baik. Bahkan sering terjadi ketidak sesuaian dalam pelaksanaan tugas yang di berikan di dalam OPDA yang seharusnya OPDA menjadi contoh dan tauladan bagi santri yang lain. Tapi jauh dari kata memberikan contoh dan tauladan yang di karenakan dalam hasil penilaian di katakan tidak akurat. Karena dari setiap hasil penilaian tidaklah memiliki acuan perhitungan yang pasti dan proses penilaian di lakukan secara manual yang juga mengakibatkan kesilapan dan penentuan calon OPDA dalam penilaianya menjadi lama. Oleh karena itu diperlukan adanya sistem pendukung keputusan dalam pemilihan Santri yang layak masuk OPDA menggunakan metode COPRAS. Dengan adanya  sistem tersebut diharapkan kinerja dan waktu  dalam pengambilan keputusan pemilihan santri menjadi efektif dan efisien  baik dari segi kecepatan dalam pengambilan keputusan. Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang di bangun dengan berbasis dekstop dapat membantu Tahfizhul Al Qur’an Darul Adib dalam mengambil keputusan pemilihan Santri yang layak masuk Organisasi Pelajar Darul Adib dengan cepat dan tepat.

Author Biographies

Muit Sunjaya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. Sonata and J. Hutagalung, “Rekomendasi Prioritas E-Budgeting Dalam Alokasi Pendanaan Bidang Kerja Pada Badan Penelitian Dan Pengembangan Kota Medan Menggunakan Algoritma Psi (Preference Selection Index) E-Budgeting Priority Recommendations in Allocation of Funding for Work in the Research and Development Agency of Medan City Using Psi Algorithm (Preference Selection Index),†J. Ilm. NERO, vol. 7, no. 2, p. 2022, 2022.

J. Hutagalung and F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 1187, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp. 291–300, 2019.

M. T. I. R. Juniar Hutagalung, “Pemilihan Dosen Penguji Skripsi Menggunakan Metode ARAS, COPRAS dan WASPAS,†vol. 10, pp. 354–367, 2021.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019.

A. Safitra, I. A. Lubis, and N. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Games Untuk Remaja Menggunakan Metode WASPAS,†pp. 141–147, 2018.

A. K. Hidayah and Y. Erwadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting,†vol. 2, pp. 92–96, 2019.

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada Sma Al Washliyah Tanjung Morawa,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi. Yogyakarta, 2007.

B. Sridadi, Pemodelan dan Simulasi Sistem, Informatik. Bandung, 2009.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language ( UML ) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,†vol. 03, no. 01, pp. 126–129, 2018.

O. Fajarianto, M. Iqbal, and J. T. Cahya, “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Penerimaan Karyawan Dengan Metode Weighted Product,†vol. 7, no. 1, pp. 49–55.

Downloads

Published

2024-01-12