Mendiagnosa Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) Dengan Metode Dempster Shafer

Ribka Claudia Sijabat, Saniman Saniman, Masyuni Hutasuhut

Abstract


PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) adalah penyakit paru kronik yang ditandai oleh hambatan aliran udara di saluran napas yang bersifat progresif nonreversible atau reversible parsial, bersifat progresif, biasanya disebabkan oleh proses inflamasi paru yang disebabkan oleh pajanan gas berbahaya yang dapat memberikan gambaran gangguan sistemik. PPOK yang mengakibatkan kelumpuhan permanen tanpa dilakukan pencegahan. Oleh sebab itu dengan memperoleh pengetahuan pakar penyakit tentang PPOK dapat membangun sistem yang membantu dalam mendiagnosa Penyakit Paru Obstruktif Kronis dengan cepat dan sistem yang akan diterapkan dalam bidang keilmuan dalam mendiagnosa sebuah penyakit yaitu Sistem Pakar.

Berdasarkan kemajuan dalam bidang komputer dan informatika, sehingga kesulitan dapat ditanggulangi dengan pemanfaatan teknologi informasi dengan membuat aplikasi yang mendeteksi PPOK, yaitu bidang keilmuan sistem pakar dan landasan data dari RSU Mitra Medika dengan menggunakan metode dempster shafer.

Hasil penelitian ini dapat mendiagnosa PPOK menggunakan sistem yang dibangun berbasis desktop yang diambil dari pengetahuan pakar secara cepat dan efisien, dan diharapkan juga perangkat lunak yang dirancang dapat membantu masyarakat dan pengguna khususnya dalam memprediksi PPOK.

 

 

Kata Kunci: Dempster Shafer, Paru Obstruktif Kronis, Sistem Pakar.

 


Full Text:

PDF

References


R. . K. Wardani, "Efektifitas Konsumsi Air Tebu Kombinasi Dengan Air Jahe Terhadap Hiperemesis Gravidarum Di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru," Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwifery Sciences), vol. IX, no. 1, pp. 36-41, 2020.

M. Dahria, "Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi," Jurnal SAINTIKOM, vol. X, no. 3, pp. 199-205, 2011.

M. D. Sinaga and . N. S. Br. Sembiring, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart Journal, vol. II, no. 2, pp. 94-107, 2016.

S. Iswanti And R. N. Anggraeny, "Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor," Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. XIV, No. 1, Pp. 39-45, 2019.

E. T. Marbun, K. Erwansyah, and J. Hutagalung, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Sist. Inf. TGD, vol. 1, no. 4, pp. 549–556, 2022.

M. Hutasuhut, E. F. Ginting, dan D. Nofriansyah, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Osteochondroma dengan Metode Certainty Factor,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 5, hal. 1401−1406, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i5.4959.

A. Asyrofy, T. Arisdiani, M. Aspihan, Karakteristik dan kualitas hidup pasien Penyakit Paru Obstruksi Konik (PPOK), Asyrofy, 2021.

M. Puji Sari Ramadhan And M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

M.Zunaidi, M.Syahril, A.Lubis, "Penerapan Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Dengan Metode Dempster Shafer," JURNAL RESTI, Vol. XVI, No.2, 2017.

E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari, Z. Lubis, “Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer,” J. CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021.




DOI: https://doi.org/10.53513/jursi.v1i6.5629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.