Implementasi Data Mining Menganalisa Pola Penjualan Rempah-Rempah Menggunakan Metode Fp-Growth
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5586Abstract
Toko Shima Rempah merupakan unit usaha yang menjual rempah-rempah yang terletak di jalan bakaran batu lubuk pakam. Dalam penjualan barang (produk) unit usaha ini sering mengalami masalah karena pola penjualan yang tidak beraturan sehingga masih kesulitan dalam menentukan produk apa saja yang sering dibeli oleh pelanggan dan produk apa saja yang saling memiliki keterkaitan, agar dapat melakukan penambahan persediaan produk dan agar penjualan berjalan dengan baik sehingga pihak toko Shima Rempah bisa lebih. Data mining adalah proses yang memperkerjakan satu atau lebih teknik pembelajaran komputer (machine learning) untuk menganalisis dan mengekstraksi pengetahuan (knowledge) secara otomatis. Data mining merupakan proses iterative dan interaktif untuk menemukan pola atau model baru yang sempurna, bermanfaat dan dapat dimengerti dalam suatu database yang sangat besar (massive database). Maka dari itu teknik yang akan digunakan pada karya ilmiah ini adalah asosiasi dengan menggunakan algoritma FP-Growth. Metode FP-Growth ini merupakan suatu cara mengukur data kedekatan antar produk rempah yang disediakan. FP-Growth adalah metode yang sering memanfaatkan itemset dalam pertambangan data atau produk.ÂReferences
R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program and S. Administrasi, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan," vol. 2, no. 2, pp. 286-303, 2016.
J. Hutagalung and F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah Asuransi,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, pp. 1187–1194, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.
A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, no. ISSN: 2406-7857, 2018.
D. Firdaus, "Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer," 2017.
J. Hutagalung, N. L. W. S. R. Ginantra, G. W. Bhawika, W. G. S. Parwita, A. Wanto, and P. D. Panjaitan, “COVID-19 Cases and Deaths in Southeast Asia Clustering using K-Means Algorithm,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1783, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012027.
A. Meriati Hutabarat, Darjat Saripurna, “Implementasi Fp-Growth Dalam Menganalisa Penjualan Obat,†J. Cyber Tech, vol. 3, no. 1, pp. 163–175, 2020.
A. H. Nasyuha et al., “Frequent pattern growth algorithm for maximizing display items,†Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 19, no. 2, pp. 390–396, 2021, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.v19i2.16192.
N. Ndruru, Y. Syahra, and E. Elfitriani, “Penerapan Metode Fp-Growth Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Pada Buulolo Galery,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, pp. 45–54, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4770.
Icca Astrina, "Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas," Matrix, vol. 9, pp. 32-40, 2019.
S. Kurniawan, "Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus : MT Shop Kelapa Gading)," SENTIKA, vol. 2, pp. 61-69, 2018.