Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Stunting Pada Balita

Authors

  • Rais Maulana STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan
  • Afdal Alhafiz

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5446

Abstract

Banyak balita di Indonesia terutama di daerah pedesaan dan orang tua yang kurang teredukasi yang memiliki masalah terhadap kekurangan gizi,sehingga dapat menyebabkan balita tersebut menderita penyakit stunting. Stunting dapat dicegah dengan cara menjaga asupan gizi yang cukup sejak di dalam janin hingga dewasa. Akan tetapi ada banyak balita yang mengalami stunting yang belum terdeteksi dan teredukasi. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu masyarakat untuk mendeteksi serta memberikan penanganan pertama jika balita terkena stunting.Sistem pakar dapat membantu menyelesaikan masalah dalam mendeteksi penyakit stunting pada balita, dengan cara yang cepat dan tepat serta menjangkau lebih banyak user yaitu menggunakan metode Naïve bayes, dalam metode tersebut dapat menghitung nilai-nilai dari gejala-gejala dan penyakit yang ada sesuai dengan gejala yang di alami balita, sehingga mendapatkan hasil yang dapat membantu dalam mendeteksi penyakit.Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem pakar yang dapat mendeteksi penyakit stunting pada balita dengan perhitungan menggunakan metode Naïve Bayes.

Author Biography

Rais Maulana, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Ariani, “ilmu gizi,†Nuha Med., 2017.

K. Marmi & Rahardjo, . “Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah,†Pustaka Pelajar, 2015.

H. E. Setyawati AV, “Buku Ajar Gizi Kesehatan Masyarakat.,†Deepublish, 2018.

MCA-Indonesia, “Proyek Kesehatan dan Gizi berbasis Masyarakat Untuk Mengurangi Stunting.,†Corp. MC, 2014.

K. Dewi, “Buku Ajar Dasar-Dasar Kegawatdaruratan.,†Salemba Med., 2011.

“World Heatlh Organization.,†https://www.who.int/nutgrowthdb/jme-2019key-findings.pdf, 2019. .

S. Uliyanti, Tamtomo, D. G., & Anantanyu, “Faktor yang berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Balita Usia 24-59 Bulan,†Vokasi Kesehat., pp. 67–77, 2017.

J. Zeniarja, K. Widia, and R. R. Sani, “Penerapan Algoritma Naive Bayes dan Forward Selection dalam Pengklasifikasian Status Gizi Stunting pada Puskesmas Pandanaran Semarang,†JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.33633/joins.v5i1.2745.

V. Meydawati, “Sistem Pakar Mendiagnosa Kerusakan Komputer Pada Hardware Berbasis Android Mobile Dengan Metode Naïve Bayes Classifier ( Nbc ),†J. Pelita Inform., vol. 18, no. April, pp. 275–280, 2019.

H. Pramudia and A. Nugroho, “Sistem Informasi Kerusakan Laptop Menggunakan Metode Naïve Bayes,†Teknol. Elektro, Univ. Mercu Buana, vol. 8, no. 3, pp. 206–214, 2017.

Downloads

Published

2022-07-26