Implementasi Metode MOORA Dalam Pemilihan Lokasi Strategis Ekspansi Cabang

Penulis

  • Rifky Arriza Pulungan STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i4.5435

Abstrak

Proses ekspansi cabang perusahaan sama halnya dengan membangun sebuah perusahaan dari nol. Membangun sebuah perusahaan bisnis pada suatu wilayah diperlukan persiapan yang matang agar mampu untuk bersaing antara pelaku bisnis pada wilayah tersebut. Seperti halnya masalah yang ditemukan pada CV. Ashon Salam Hawala, antara lain adalah pihak CV. Ashon Salam Hawala kesulitan untuk menentukan lokasi strategis ekspansi cabang karena hasil yang kurang akurat serta terdapat keraguan dalam pemilihan lokasi strategis ekspansi cabang. Pengambilan keputsan secara ragu akan menimbulkan kemungkinan hasil wilayah yang terpilih menjadi kurang tepat dan berdampak terhadap pendapatan yang kurang sesuai target dari CV. Ashon Salam Hawala. Dalam mengatasi permasalahan terkait pemilihan lokasi strategis ekspansi cabang pada CV. Ashon Salam Hawala, maka dibangun sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) yang menggunakan metode komputasi bernama Metode MOORA. Metode MOORA adalah sebuah metode yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam SPK serta memiliki tingkat selektifitas yang baik karena dapat menentukan tujuan dari kriteria yang bertentangan. Dimana kriteria dapat bernilai menguntungan (benefit) atau yang tidak menguntungkan (cost). Hasil yang diperoleh adalah berupa urutan nilai setiap lokasi strategis yang telah dihitung berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sehingga menghasilkan keluaran berupa lokasi yang memiliki nilai tertinggi hingga terendah dalam bentuk perangkingan. Dengan demikian diharapkan dapat memutuskan rasa keraguan pada saat proses pemilihan lokasi strategis pada CV. Ashon Salam Hawala.

Biografi Penulis

Rifky Arriza Pulungan, STMIK Triguna Dharma

SISTEM INFORMASI

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

H. M. Nawawi, Y. Yudhistira, A. Mustopa, S. K. Wildah, S. Agustiani, and M. Iqbal, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Usaha Potensial dengan Metode SAW (Studi Kasus : SahabatLink Tasikmalaya),†Indones. J. Softw. Eng., vol. 7, no. 1, pp. 26–34, 2021, doi: 10.31294/ijse.v7i1.9990.

N. E. Rumahorbo, K. Erwansyah, Tugiono, and Z. Lubis, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Penerima Pinjaman Pada Kelompok Tani Menggunakan Metode Complex Proportional Assessment (Copras),†J. CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 81–94, 2021.

A. A, P. S. Ramadhan, and S. Yakub, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Menenetukan Calon (Tailor) Penjahit di Ranhouse Medan dengan Menggunakan Metode AggregatedSum Product Assesment,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 2, p. 12, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i2.2029.

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. Suginam, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 678–685, 2019, [Online]. Available: https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/215/210.

Wardani, S. Ramadhan, and Syahrul, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode MOORA Untuk Merekomendasikan Alat Perekam Suara,†J. Teknovasi, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2019.

Hartana, “EKSPANSI PERUSAHAAN GROUP DALAM BIDANG BATUBARA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2007 TENTANG PENANAMAN MODAL,†J. Komun. Huk., vol. 4, no. Februari, pp. 27–56, 2018.

A. M. Arif, “Sistem pendukung keputusan dalam penilaian kinerja perawat menggunakan metode promethee pada puskesmas rena kandis kabupaten bengkulu tengah,†J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 5, pp. 7–15, 2019.

A. A. Ihwan Latif, Denny Sagita Rusdianto and A. Juniar Hutagalung, “Pemanfaatan GIS dan AHP dalam Penerimaan Dana BOS Jenjang SMA,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 10, pp. 221–230, 2020.

L. F. Israwan, “Penerapan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2019, doi: 10.35329/jiik.v5i1.28.

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

Diterbitkan

2023-07-05

Terbitan

Bagian

Articles