Implementasi Metode FP-Growth Dalam Menganalisa Pola Penjualan Alat Elektronik Pada PT Faedah Teknik Medan

Penulis

  • Renata Menantikan Daeli STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i4.5397

Abstrak

PT. Faedah Teknik Medan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan alat elektronik. Transaksi penjualan alat elektronik yang ada setiap hari sangat banyak sehingga dapat menimbulkan permasalahan dimana data akan terus menumpuk sehingga perusahaan harus menyediakan biaya untuk pemeliharaan data tersebut. Data transaksi yang ada seharusnya dapat digunakan dalam meningkatkan penjualan guna meningkatkan omset, mengatur susunan produk dalam gudang, dapat juga digunakan sebagai bahan promosi dengan mengumpulkan produk yang sering terjual bersamaan namun pihak PT. Faedah Teknik Medan belum memiliki sistem yang mampu menentukan produk yang sering terjual bersamaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi Data Mining yang mampu mengatur pola penjualan alat elektronik pada  PT. Faedah Teknik Medan dimana setiap data yang diperoleh dari PT. Faedah Teknik Medan akan dihitung menggunakan algoritma FP-Growth. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi Data Mining yang mengadopsi algoritma FP-Growth serta mampu menjawab permasalahan tekait mengatur pola penjualan alat elektronik pada PT. Faedah Teknik Medan.Kata Kunci: Data mining, FP-Growth, Pola Penjualan, Penjualan alat elektronik

Biografi Penulis

Renata Menantikan Daeli, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Referensi

E. S. Susanto, Y. Karisma dan S. Isnaeni, “Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Jilbab RJS Kabupaten Sumbawa Berbasis Web,†JINTEKS, vol. 1, pp. 97-103, 2019.

D. A. Aisyah, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi,†Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 3, pp. 344-352, 2017.

R. Gusrizaldi, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan,†Valuta, vol. 2, pp. 286-303, 2016.

D. Nofriansyah, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi),†Saintikom, vol. 15, pp. 81-92, 2016.

Retno, Data Mining & Teori dan Aplikasi Rapidminer, Gaya Media, 2017.

S. Kurniawan, “Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus : MT Shop Kelapa Gading),†SENTIKA, vol. 2, pp. 61-69, 2018.

I. Astrina, “Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas,†Matrix, vol. 9, pp. 32-40, 2019.

Fitriyani, “Implementasi Algoritma Fpgrowth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis,†Informatika, vol. 2, pp. 296-305, 2015.

M. Arif, “Perancangan Sistem Informasi Pusat Karir Sebagai Upaya Meningkatkan Relevansi Antara Lulusan Dengan Dunia Kerja Menggunakan Uml,†Ic-Tech, pp. 42-49, 2017.

F. Sonata dan V. W. Sari, “Pemanfaatan Uml (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,†Komunika, vol. 8, pp. 22-31, 2019.

Suendri, “Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, pp. 1-9, 2018.

Y. Heryanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.Apm Rent Car,†Intra-Tech, vol. 2, pp. 64-77, 2018.

Diterbitkan

2023-07-05

Terbitan

Bagian

Articles