Penerapan Metode PSI Dalam Perekrutan Tutor

Authors

  • Anisa Tanzil Hasibuan STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5396

Abstract

Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP) Lia Medan merupakan lembaga Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang berfokus pada penyelenggaraan program Bahasa Inggris. Lembaga ini membutuhkan tutor yang berkualitas dan professional dibidangnya, namun proses perekrutan tutor pada lembaga selama ini belum efektif dan tidak memiliki standarisasi yang baik yang menyebabkan lembaga mengalami pasang surut dalam jumlah siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, untuk membantu lembaga maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan dengan dukungan menggunakan metode Preference Selection Index. Sistem ini dirancang untuk membantu pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah dengan pengurutan nilai rangking tertinggi untuk memberikan rekomendasi keputusan. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebuah aplikasi berbasis dekstop berhasil dibangun dengan mengimplementasikan metode Preference Selection Index untuk menghasilkan keputusan yang akurat dan tepat sesuai dengan kebutuhan Lembaga.

Author Biographies

Anisa Tanzil Hasibuan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. P. K. Demak and E. R. Paulus, “Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Tutor Pada Tutorial dengan Prestasi Belajar di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako,†J. Ilm. Kedokt., vol. 1, no. 3, pp. 48–55, 2014.

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

S. R. Nasution, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian dan Evaluasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Metode Preference Selection Index (PSI) Pada Industri Primer Pengolahan Kayu UD Maju Rezeki,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 383–392, 2020.

S. SANIMAN, G. Syahputra, N. B. Nugroho, and I. Zega, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekrutmen Android Developer Pada CV. KHz Technology Menggunakan Metode Preference Selection Index,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 4, no. 1, p. 137, 2021, doi: 10.53513/jsk.v4i1.2627.

S. Informasi, K. Kota, and U. Mulia, “Penerapan Metode Preference Selection Index untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supervisor di PT Arkananta,†vol. 02, no. 01, pp. 39–51, 2021.

D. Dalam and P. Mandiri, “Peran Tutor Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mandiri,†J. Pendidik. Non Form. dan Informal, vol. 7, no. 2, pp. 1–17, 2015.

N. Inayah, “Peran Tutor Sebagai Fasilitator Dalam Pendidikan Keterampilan Anak Pesisir Pada Komunitas Sahabat Tenggang Semarang,†Skripsi Univ. Negeri Semarang, 2017.

F. Syahputra, M. Mesran, I. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Kota Medan Menerapkan Metode Preferences Selection Index (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kota Medan),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 147–155, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.921.

M. Mesran and U. R. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Siswa Terbaik Pada Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode Prfeence Selection Index ( PSI ),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 459–466, 2020, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/479/472.

R. Panggabean and N. A. Hasibuan, “Penerapan Preference Selection Index ( PSI ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Supervisor Housekeeping,†Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 1, no. 2, pp. 85–93, 2020, [Online]. Available: http://djournals.com/resolusi/article/view/70.

Downloads

Published

2022-07-26