Aplikasi Try Out Online Pada SMA N 1 Berastagi Menggunakan Metode Multiplicative Random Number Generator

Authors

  • Pandu Winata STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy
  • Wahyu Riansah

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5384

Abstract

Try out dilakukan untuk mengasah kemampuan para siswa sebelum menghadapi ujian, baik itu ujian sekolah maupun ujian nasional. Namun kegiatan tersebut sering dimanfaatkan oleh siswa untuk melakukan kecurangan-kecurangan yang tidak diinginkan. Kecurangan yang sering dilakukan siswa adalah diam-diam melihat jawaban dari teman sebelahnya. Selain kecurangan, siswa juga memiliki masalah dalam pengerjaan try out tersebut. Apabila salah dalam melingkari jawaban, maka akan berakibat fatal pada hasil try out yang dikerjakan oleh siswa.Untuk menghindari kecurangan yang ada, maka pelaksanaan try out tersebut akan menerapkan metode yang mampu mengacak soal dari setiap siswa yang melaksanakan ujian try out. Metode tersebut adalah metode multiplicative. Metode ini merupakan salah satu dari metode yang ada pada algoritma random number generator. Dimana metode ini dapat membangkitkan bilangan acak menggunakan rumus matematika yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Multiplicative adalah pembangkit bilangan acak yang banyak digunakan dalam program komputer. Maka dari itu, metode ini akan diterapkan dalam aplikasi berbasis website. Saat aplikasi website berhasil dibangun, maka siswa tidak perlu lagi takut untuk melingkari jawaban yang akan dipilih saat pelaksanaan ujian try out. Aplikasi website yang dibangun mampu menyelesaikan permasalahan dalam mengacak sebuah soal. Dengan menerapkan metode multiplicative dan memasukkan rumus dari metode tersebut, dapat menghasilkan soal acak yang berbeda-beda dari setiap siswa yang akan mengikuti ujian try out.

References

R. Aljabar and D. Kusumaningsih, “Penerapan Algoritma Klasifikasi K-Nearest Dengan Menggunakan Hasil Nilai Try Out Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Desktop Pada SMK Bina Informatika Bintaro,†Skanika, vol. 1, no. 1, pp. 136–142, 2018, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/SKANIKA/article/view/171.

R. K. Dinata, M. Fikry, and H. Thahir, “Implementasi Algoritma Multiplicative Congruential Random Number Generator pada Try-Out SMP (Sekolah Menengah Pertama) Berbasis Client Server,†TECHSI - J. Penelit. Tek. Inform., no. November 2019, 2018.

I. Fathulrohman, A. Wibowo, and D. Indrayana, “Multiplicative Random Number Generation (RNG) Pada Mobile Game Edukasi Matematika Dasar,†Konf. Nas. Ilmu Sos. Teknol., pp. 274–278, 2017.

I. Nursiddiq Rifai, S. Sinurat, and A. H Sihite, “Perancangan Aplikasi Pengacakan Soal Ujian Semester Menggunakan Metode Multiplicative Pada Sma Swasta Gajah Mada,†Pelita Inform., vol. 18, pp. 31–36, 2019.

Y. Elfiza, Rusman, and M. Nasir, “Hubungan antara Hasil Uji Kognitif Try Out Ujian Nasional ( UN ) dengan Hasil Ujian Nasional ( UN ) Mata Pelajaran Kimia SMA Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2014 / 2015,†Ilm. Mhs. Pendidik. Kim., vol. 1, no. 3, pp. 35–42, 2016.

P. S. Budi and T. Kurnialensya, “Sistem Informasi Pembelajaran †Asik †Berbasis Try Out Untuk Ujian Nasional SMP Di Wilayah Semarang,†pp. 1–6, 2014.

E. Suyono, “NAMBAHAN JAM PEMBELAJARAN DAN TRY OUT SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN HASIL UJIAN NASIONAL DI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS,†Lincolin Arsyad, vol. 3, no. 2, pp. 1–46, 2014, [Online]. Available: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127.

S. Sofyan, “PENERAPAN LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR ( LCG ) DALAM PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PERMAINAN KEN KEN,†vol. V, no. 1, pp. 20–22, 2016.

H. D. Hutahaean, “Analisa Simulasi Monte Carlo Untuk Memprediksi Tingkat Kehadiran Mahasiswa dalam Perkuliahan,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 41–45, 2018.

E. Rusmana, T. Informatika, U. M. Sukabumi, K. Sukabumi, and J. Barat, “Penerapan Algoritma Multiplicative (RNG) Untuk Pengacakan Soal Ujian Online Siswa SMA,†vol. 5, no. 2, pp. 429–436, 2021.

Downloads

Published

2022-07-26