Pemilihan Pemberian Pinjaman Kredit Usaha Rakyat Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT)

Authors

  • Anggun Herawati Hutauruk STMIK Triguna Dharma
  • Rita Hamdani STMIK Triguna Dharma
  • M Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5380

Abstract

Abstrak Perbankan pada dasarnya merupakan suatu badan usaha yang memberikan jasa layanan pada masyarakat. Banyak layanan yang di sediakan dari perbankan untuk masyarakat yaitu simpan pinjam, salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat(KUR). Namun permasalahan yang timbul pada saat pemilihan pemberian pinjamanKUR  yaitu faktor lemahnya pengendalian intern dari perbankan yaitu kurang cermatnya petugas  dalam menganalisis permohonan kredit, selain itu juga ada faktor ekstern yang berasal dari pihak debitur. Pengendalian intern adalah suatu prosedur yang dirancang untuk memberikan kepastian yang layak bagi manajemen di dalam perusahaan. Pengambilan keputusan yang dilakukan secara tidak akurat dapat memunculkan masalah yaitu nasabah tidak lancar dalam melakukan pembayaran pinjaman. Oleh karena itu maka dibangunlah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan proses penilaian data alternatif berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan dikombinasikan dengan metode MAUT. Metode MAUT adalah sebuah metode yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam Sistem Pendukung Keputusan. Metode ini memiliki tingkat selektifitas yang baik karena dapat menentukan tujuan dari kriteria yang bertentangan. Dimana kriteria dapat bernilai menguntungan (benefit) atau yang tidak menguntungkan (cost).Hasil yang diperoleh berupa prioritas nasabah yang akan diprioritaskan dalam pemberian pinjaman Kredit.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, MAUT, Nasabah, Perbankan, Pemilihan Pemberian Pinjaman KUR. Pemberian Pinjaman KUR.

Author Biographies

Anggun Herawati Hutauruk, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rita Hamdani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

M Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Afriyeni and Y. E. Putra, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pt. Bank Rakyat Indonesia (Bri) Unit Talang Cabang Solok,†pp. 1–17, 2019.

A. Orlando and R. Susanto, “Mekanisme Pencairan Kredit Usaha Rakyat Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Unit Lubuk Buaya,†Akad. Keuang. Perbank., pp. 1–10, 2019.

D. PRATAMA and jhon fernos, “Prosedur Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pada Pt. Bank Nagari Cabang Padang,†2019, doi: 10.31227/osf.io/ag68j.

kue tradisional khas Aceh, E. D. S. Rios, A. M. Donato, and D. Sprott, No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle, vol. 0, no. 15. 2010.

H. Pratiwi, “Penjelasan sistem pendukung keputusan,†no. May, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/341767301%0APENJELASAN.

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

N. Hadinata, “Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit,†J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 87–92, 2018, doi: 10.32736/sisfokom.v7i2.562.

E. Satria, N. Atina, M. E. Simbolon, and A. P. Windarto, “Spk: Algoritma Multi-Attribute Utility Theory (Maut) Pada Destinasi Tujuan Wisata Lokal Di Kota Sidamanik,†Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 3, no. 2, p. 168, 2018, doi: 10.24114/cess.v3i2.9954.

S. Wiratna and U. R. Lila, “Analisis Dampak Pembiayaan Dana Bergulir KUR (Kredit Usaha Rakyat) Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta),†J. Bisnis dan Ekon. (JBE), vol. 22, no. 1, pp. 11–25, 2015.

T. Imandasari, A. P. Windarto, and D. Hartama, “Analisis Metode MAUT (Multi-Attribute Utility Theory) Pada Pemilihan Deodorant,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp. 736–739, 2019, [Online]. Available: https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html.

Downloads

Published

2022-07-27