Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada Mesin Printer Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Sahdan Efendi Hasibuan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i4.5358

Abstract

AbstrakPrinter adalah peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Adapun permasalahan yang dihadapi pemilik printer yang mengakibatkan sebuah kerusakan pada bagian mesin printer yang sering dialami oleh pengguna yang dapat menghambat pekerjaan seseorang dalam berkeja dibidang percetakan.       Permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendeteksi kerusakan pada printer dengan Sistem Pakar dengan menggunakan metode Dempster Shafer. Sistem Pakar merupakan dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar dan dapat menyelesaikan permasalahan yang cukup rumit. Dempster Shafer dapat mengetahui probabilitas atau persentase  dari kerusakan yang dialami mesin.Hasil penelitian ini dapat menerapakan sistem berbasis desktop dan  dapat membantu \mengetahui probabilitas atau persentase  dari kerusakan yang dialami mesin.Kata Kunci: Dempster Shaferm, Sistem Pakar, Printer.

Author Biographies

Sahdan Efendi Hasibuan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Tamin, "Sistem Pakar untuk Diagnosa Kerusakan Pada Printer Menggunakan Metode Forward Chaining," Jurnal Ilmu Komputer, vol. I, no. I, pp. 40-44, 2015.

E. Lestari and E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di PT Telkom Magelang," Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. III, no. 1, pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 1, pp. 45-55, 2017.

I. Agustina dan D. Haryanto, "Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Pada Printer Ink Jet Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining," JUMANTAKA, vol. I, no. 1, , 2018

S. Iswanti And R. N. Anggraeny, "Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor," Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. XIV, No. 1, Pp. 39-45, 2019.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. Dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar Dan Metode (Introduction Of Expert System And Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, Pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan And M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

M. Puji Sari Ramadhan And M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

R. Nurmalina, J. A. Yani Km, T. Laut And K. Selatan, "Perencanaan Dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," 2017.

Rosa A.S Dan M.Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, VOL 1 Ed., Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Downloads

Published

2023-07-05