Penentuan Jenis Bibit Jeruk Terbaik Menggunakan Metode Preference Selection Index

Authors

  • Frindo Arsyad Girsang STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Vina Winda Sari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i4.5351

Abstract

Tanaman jeruk merupakan suatu tanaman yang banyak ditemui di indonesia, salah satu jenis jeruk yang berasal dari Sumatera Utara adalah jenis jeruk keprok brastepu. Jeruk ini memiliki citarasa buah yang manis, warna yang cerah, mengandung vitamin C dan kualitas buah yang bagus. Jenis buah ini merupakan salah satu buah yang sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga layak untuk dibudidayakan agar tidak mengalami kepunahan. Pada saat ini permintaan pasar akan buah jeruk ini semakin tahun semakin meningkat sehingga untuk memenuhi permintaan pasar semakin sulit. Penyebab buah ini mengalami kelangkaan yaitu karena proses mempertahankan kualias buah dan panen tidak bertahan dalam jangka waktu yang lama akibat kesalahan dalam penentuan jenis bibit saat awal penanaman jeruk. Saat ini kebanyakan para petani masih awam dan kesulitan dalam menentukan jenis bibit terbaik pada tanaman jeruk keprok brastepu. Kebanyakan para petani saat ini menentukan jenis bibit jeruk hanya dengan asal-asalan sehingga berakibat buruk dalam mempertahankan kualitas buah dan bahkan mengalami kegagalan panen dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu perlu diterapkan bidang ilmu sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode PSI (Preference Selection Index) agar dapat membantu petani mengambil keputusan yang tepat, dan bertujuan memberikan solusi yang lebih efisien dan akurat terhadap permasalahan menentukan jenis bibit terbaik pada tanaman jeruk ini. Sistem yang dibangun menggunakan bahasa perprograman berbasis web agar para petani dapat mengakses sistem yang dibuat kapan dan dimana saja.

Author Biographies

Frindo Arsyad Girsang, STMIK Triguna Dharma

sistem informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

sistem informasi

Vina Winda Sari, STMIK Triguna Dharma

sistem informasi

References

Y. Rasud and S. Ulfa, “PERTUMBUHAN JERUK MANIS ( Citrus sinensis L .) DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI KONSENTRASI SITOKININ SECARA IN VITRO The Growth of Orange ( Citrus Sinensis L .) in In Vitro Culture Supplemented With Various Concentrations of Cytokinin,†vol. 22, no. 3, pp. 197–204, 2015.

I. Nurwahyuni, J. A. Napitupulu, Rosmayati, and F. Harahap, “Pertumbuhan Okulasi Jeruk Keprok Brastepu(Citrus nobilis Var . Bratepu) Menggunakan Jeruk Asam Sebagai Batang Bawah,†Saintika, vol. 12, no. 1, pp. 24–35, 2012.

H. T. Sigit and D. A. Permana, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil LCGC Menggunakan Simple Additive Weighting,†2017.

D. Anandra, L. Latipah, and A. Ambarwati, “Implementasi Metode Preference Selection Index Pada Pemilihan Penerima Bantuan SEMBAKO,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 7, no. 1, p. 9, 2022, doi: 10.31328/jointecs.v7i1.2660.

A. Estetikha and A. H. Muhammad, “Metode Preference Selection Index Dalam Menentukan Distribusi Alat Pelindung Diri di Yogyakarta,†vol. 3, no. 4, pp. 740–749, 2021.

W. M. Kifti and I. Hasian, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Merek Smartphone Terbaik Dalam Mendukung Belajar Online Mahasiswa Era Covid-19 Menggunakan Metode PSI ( Preference Selection Index ),†vol. 5, pp. 762–768, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.2994.

M. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Jagung Terunggul Menggunakan Metode Preference Selection Index,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 670–677, 2019.

A. Giawa, P. S. Ramadhan, A. Calam, P. Studi, S. Informasi, and S. T. Dharma, “Penentuan Lokasi Cabang Baru Swalayan Menggunakan Preference Selection Index ( PSI ),†vol. 1, no. Mcdm, pp. 98–107, 2022.

J. Media and I. Budidarma, “Penerapan Metode Preference Selection Index ( PSI ) Dalam Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Program Studi IT di Provinsi Kalimantan Timur,†vol. 5, pp. 1045–1051, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3081.

E. B. Ginting, A. S. Sembiring, and E. R. Siagian, “Pemberian Bibit Tanaman Menggunakan Metode Bayes,†vol. 7, pp. 207–212, 2018.

R. Panggabean and N. A. Hasibuan, “Penerapan Preference Selection Index ( PSI ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Supervisor Housekeeping,†Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 1, no. 2, pp. 85–93, 2020, [Online]. Available: http://djournals.com/resolusi/article/view/70.

Downloads

Published

2023-07-05