Implementasi Metode COPRAS (Complex Proportional Assessment) Dalam Pemilihan Security

Authors

  • Jerry Pratama Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Juniar Hutagalung STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v2i5.5332

Abstract

Pemilihan security dilakukan untuk mendapatkan security yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan. Proses pemilhan security ini digunakan dengan cara menggunakan sistem yang terkomputerisasi yang dapat memudahkan perusahaan dalam pemilihan security, sistem yang dibangun dapat menghasilkan keputusan yang tepat dan akurat. Security  merupakan satuan petugas keamananan yang didirikan oleh lembaga atau badan usaha yang bertujuan untuk melakukan pengamanan fisik dalam melaksanakan tugas keamanan yang berada pada daerah atau area dimana tempatnya bertugas. Sistem yang dibangun pada penelitian ini menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dengan metode COPRAS (Complex Proportional Assessment). Dalam pemilihan security mempunyai faktor penilaian kriteria pelatihan, etika, sehat jasmani, tinggi badan dan usia. Hasil dari Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode COPRAS (Complex Proportional Assessment), menunjukkan bahwa dengan metode ini dapat membandingkan kriteria-kriteria calon security sehingga diperoleh security yang berhak dipilih dan menghasilkan nama security yang terbaik dan pantas dipilih untuk menjadi security. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa yang pantas dipilih menjadi security adalah yang rangking 1 atau yang memiliki nilai paling tinggi 100 atas nama Bahagia Purba. Metode COPRAS (Complex Proportional Assessment) dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam pemilihan security.Kata Kunci: Pemilihan Security, Sistem Pendukung Keputusan, Metode COPRAS, Security, Kriteria

Author Biographies

Jerry Pratama Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Juniar Hutagalung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

References

U. Maritim and R. Ali, “Standard Operational Procedure ( Sop ) Standard Operational,†vol. 1, no. 0771, pp. 63–71, 2017.

J. Hutagalung, “Pemanfaatan GIS dan AHP dalam Penerimaan Dana BOS Jenjang SMA,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. VI, no. 3, pp. 221–230, 2020.

M. H. Weik, “Transaction Processing System,†Comput. Sci. Commun. Dict., vol. 1, no. 2, pp. 6–34, 2018.

E. Ningsih, D. Dedih, and S. Supriyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peluang Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (Wp) Berbasis Web,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 244–254, 2017.

N. E. Rumahorbo, K. Erwansyah, and Z. Lubis, “MENGGUNAKAN METODE COMPLEX PROPORTIONAL ASSESSMENT ( COPRAS ),†vol. 1, no. 1, pp. 81–94, 2021.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019.

S. R. Cholil and M. A. Setyawan, “Metode COPRAS untuk Menentukan Kain Terbaik dalam Pembuatan Pakaian pada Butik Batik Hatta Semarang,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 6, p. 1169, 2021.

S. Rizki Tanjung and M. V Siagian, “Penerapan Metode COPRAS dan ENTROPY dalam Pemilihan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU),†J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 48–59, 2021.

A. Daini Udda Siregar and N. Astuti Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Marketing Terbaik di PT. Alfa Scorph Menggunakan Metode COPRAS,†J. Sist. Komput. dan Inform. Hal, vol. 2, no. 1, pp. 62–68, 2020.

Sihite Y.M.T, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelompok Nelayan Terbaik Menerapkan Metode Copras,†Ilm. Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 7, no. 2, pp. 106–110, 2020.

J. Hutagalung and M. T. Indah, “Pemilihan Dosen Penguji Skripsi Menggunakan,†vol. 10, no. 3, pp. 354–367, 2021.

G. Ginting, S. Alvita, Mesran, A. Karim, M. Syahrizal, and N. K. Daulay, “Penerapan Complex Proportional Assessment ( COPRAS ) Dalam Penentuan Kepolisian Sektor Terbaik,†J. Sains Komput. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 616–631, 2020.

Downloads

Published

2023-09-30