Implementasi Metode Vikor Dalam Menentukan Kelayakan Jenis Ular Sebagai Penghasil Feses

Authors

  • M Ridho Hanafi STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5290

Abstract

Ular adalah binatang reptil yang sukses berkembang hidup di daratan dan lautan. Ular terkenal dengan sebutan hewan yang menakutkan, namun dibalik sebutan menakutkan itu ternyata bagian dari ular dapat dimanfaatkan untuk sektor pertanian. Bagian dari ular yang dapat dimanfaatkan salah satunya terdapat pada kotorannya (feses). PT. Hetts Bio Lestari menciptakan inovasi produk untuk pengendalian hama yaitu pembuatan racun tikus. Racun tikus ini berasal dari protozoa yang hanya dapat dihasilkan dari kotoran (feses) ular. Akan tetapi PT. Hetts Bio Lestari tidak mengetahui secara spesifik jenis ular yang benar-benar layak dalam menghasilkan kotoran (feses) untuk dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan racun tikus, selama ini pihak perusahaan hanya mengumpulkan kotoran (feses) dari berbagai jenis ular yang dipelihara dan langsung digabung menjadi satu di dalam wadah penyimpanan.Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan di atas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan menentukan kelayakan jenis ular sebagai penghasil feses untuk racun tikus menggunakan metode vikor (visekriterijumsko kompromisno rangiranje) pada PT. Hetss Bio Lestari.Hasil dari pengujian sistem menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu perusahaan dalam menentukan jenis ular yang benar-benar layak dalam menghasilkan kotoran (feses) untuk dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan racun tikus pada PT. Hetss Bio Lestari secara cepat dan akurat. Sehingga satu jenis ular yang terpilih, dapat dipelihara dan dikembangbiakan untuk meningkatkan sumber penghasilan perusahaan.

Author Biographies

M Ridho Hanafi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

J. Angelina and N. Rizkyani, “Identifikasi Hama Kelapa Sawit menggunakan Metode Certainty Factor,†pp. 58–63, 2020.

P. Pt and H. Biolestari, “PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NIAGA / BISNIS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK,†2013.

W. Setiyaningsih, H. M. Arosyid, E. Fachtur, R. M. Kom, and Y. Edelweis, Konsep Sistem Pendukung Keputusan .

S. Dedi, A. Pardede, A. Harahap, A. Putera, and U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat ( Jamkesmas ) Menerapkan Metode MOORA,†vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2018.

M. Rizky, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Badan Usaha Milik Desa Terbaik Menerapkan Metode VIKOR,†vol. 2, no. Mcdm, pp. 129–136, 2021, doi: 10.30865/json.v2i2.2463.

J. Hutagalung, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Dana BOS Menggunakan Metode Analitical Hierarchy Process ( AHP ),†Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., vol. 2, pp. 13–23, 2020.

D. Nofriansyah, P. S. Ramadhan, and B. Andika, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendeteksi Jenis Racun dan Spesies Ular pada Pasien yang Terkena Racun Bisa Ular Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. SAINTIKOM, vol. 14, no. 2, pp. 93–104, 2015.

A. W. P. T. Anggarani and E. Baharudin, “Pembekalan Pengetahuan Tentang Identifikasi Jenis Ular Berbisa Dan Tidak Berbisa Serta Cara Penanganannya Di Yayasan Alwathoniyah 19 Cakung Jakarta Timur,†Abdimas, vol. 2, no. 1, p. 88, 2015.

D. Diana and I. Seprina, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Menerapkan Weighted Product Method (WPM),†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 3, p. 370, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i3.34971.

Y. Kristyawan and A. Rizeki, “Sistem Pendukung Keputusan Distribusi Rehabilitas Sosial Rumah Tidak Layak Huni pada Kab Sampang Menggunakan Metode Vikor,†vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2017.

A. Nasution and K. Ulfa, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Asuransi Jiwa Untuk Nelayan dengan Menggunakan Metode Vikor ( Studi Kasus : Dinas Kelautan dan Perikanan Medan ),†vol. 1, pp. 220–225, 2020, doi: 10.30865/json.v1i3.2162.

Downloads

Published

2022-07-26