Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Roti Menggunakan Algoritma Fp-Growth

Authors

  • Lidia Kando Sihombing STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i3.5288

Abstract

Franch Bakery melakukan kegiatan seperti penerimaan pesanan, transaksi penjualan, penyediaan stok produksi roti, dan lain - lain. Dimasa pandemic covid-19, Franch Bakery telah mengalami penurunan penjualan. Salah satu faktor yang belum maksimal yang digunakan adalah strategi pemasaran yang baik. Kemudian data transaksi penjualan belum pernah dilakukan pengelolaan untuk mengetahui pola penjualan yang terjadi.                Permasalahan tersebut dibutuhkan keilmuan data mining dengan menggunakan metode FP-Growth untuk menyelesaikan permasalahan dalam penurunan penjualan dibutuhkan sebuah metode yang dapat menghasilkan sebuah informasi atau strategi marketing dalam menganalisa pola penjualan untuk membantu meningkatkan penjualan.          Hasil penelitian ini algoritma FP-Growth mampu melakukan analisa terkait pola sesuai dengan kedua kasus tersebut dan dapat membantu dalam melakukan Analisa penjualan produk roti pada Franch Bakery.Kata Kunci: Data Mining, FP-Growth, Penjualan 

Author Biographies

Lidia Kando Sihombing, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Usti Fatimah Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program SDP," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Rosa A.S dan M.Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, VOL 1 ed., Bandung: Informatika Bandung, 2018.

J. Rumbaugh, I. Jacobson and G. Booch, The unified modeling language reference manual, Addison-Wesley, 1999, p. 550.

Sulastri dan Sarwindah, "Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Pada Hotel Jati Wisata Pangkalpinang Dengan Metodologi Berorientasi Objek," 2014.

Amir Setiawan, "Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Indomaret GKB Gresik dengan Metode Apriori7", 2015.

Downloads

Published

2022-05-24