Penerapan Metode Vikor Dalam Pemilihan Produk Promo Bulanan Terbaik

Authors

  • Roidah Harahap STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nurarif Stmik Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i3.5281

Abstract

Perusahaan Starup digital berbabasis online shop secara berkala akan melakukan kegiatan promosi produk dibeberapa platform digital marketing, kendala yang sering ditemui adalah  pemilihan produk promosi masih belum tepat sasaran sehingga belum bisa menarik minat pembeli, hal ini yang menyebabkan promo-promo yang dishare dibeberapa platform digital belum memenuhi ekspektasi pasar atau keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi kepada perusahaan dalam mengambil keputusan pemilihan kategori barang  promosi produk dengan menggunakan metode Vikor karena metode Vikor telah banyak digunakan dalam berbagai bidang untuk Sistem Pendukung Keputusan. Pengambilan keputusan kategori promosi produk dilakukan dengan melihat lima aspek yaitu Harga Produk, Diskon Produk, Kualitas Produk, Stok Barang, dan Jenis Pembayaran yang telah ditentukan, perhitungan nilai Ideal dan Melakukan Normalisasi, menghitung Nilai Utility Measure (S), regreat Measure(R) dan  Menghitung Indeks Vikor.  perhitungan nilai total akan menghasilkan rekomendasi promosi produk untuk dipilih. Untuk itu hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan starup digital khusunya Belanjasegar.com dalam meningkatkan penjualan dengan memberikan promo produk terbaik yang sesuai dengan keinginan pasar. Adapun aplikasi yang dibangun berbasis desktop programming yang menerapkan metode Vise Kriterijumska Optimizacija Kompromisno Resenje (VIKOR). 

Author Biographies

Roidah Harahap, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nurarif, Stmik Triguna Dharma

Sistem Komputer

Sri Murniyanti, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. Arianty, “Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional,†J. Manaj. Bisnis, vol. 13, no. 01, pp. 18–29, 2013.

Asse, R. Azlam, and Ambo, “Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar),†J. Komun., vol. 7, no. 2, pp. 219–231, 2018.

M. Nur and S. Susliansyah, “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Dengan Metode Vikor Pada Smk Pariwisata Depok,†J. Techno Nusa Mandiri, vol. 16, no. 2, pp. 127–132, 2019, doi: 10.33480/techno.v16i2.751.

A. S. Honggowibowo, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Teknologi Adisutjipto Menggunakan Simple Multi Attribute Rating Technique,†J. angkasa, vol. VII, pp. 31–38, 2015.

E. K. Zavadskas and Z. Turskis, “Multiple criteria decision making (MCDM) methods in economics: An overview,†Technol. Econ. Dev. Econ., vol. 17, no. 2, pp. 397–427, 2011, doi: 10.3846/20294913.2011.593291.

A. Yoebrilianti, “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion dengan Gaya Hidup Sebagai Variable Moderator (Survei Konsumen pada Jejaring Sosial),†J. Manaj., vol. 8, pp. 20–41, 2018.

J. Weenas, “Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta,†J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 4, pp. 607–618, 2013, doi: 10.35794/emba.v1i4.2741.

W. Prihartanta, “Tujuan Promosi Perpustakaan,†J. Adab., vol. 3, no. 83, pp. 1–9, 2015.

T. Kurniawati and I. S. P. Hery, “Promosi Dan Keputusan Penggunaan Jasa Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bagi Pedagang Online di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen,†Ekon. Paradig., vol. 20, no. 1, pp. 55–59, 2019.

S. S. M. K. Diana, Metode dan Aplikasi Sistem pendukung keputusan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2020.

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-23