Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah Dalam Pemilihan Produk Skin Care Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Muhammad Hasyim As'ary STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i3.5115

Abstract

AbstrakToko Kosmetik Yani_skincaremsglow merupakan salah satu bidang usaha yang menjual produk skincare. Dalam pemilihan produk skincare mempunyai masalah dalam proses menentukan jenis kulit wajah konsumen, dikarenakan dalam mengidentifikasi jenis kulit wajah konsumen dilakukan oleh petugas yang bukan merupakan seorang dokter ataupun pakar di bidang kecantikan. Sering kali terjadi kesalahan dalam identifikasi jenis kulit wajah yang mengakibatkan seorang petugas memberikan produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah dan mengakibatkan konsumen mengalami kerugian cukup besar dikarenakan mengalami iritasi ataupun alergi pada kulit wajah. Oleh sebab itu, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan bidang keilmuan yang dapat mengidentifikasi jenis kulit wajah seseorang berdasarkan pengetahuan pakar, maka bidang keilmuan tersebut adalah Sistem Pakar dengan menggunakan metode Certainty Factor.       Sistem Pakar dibuat untuk tujuan saling berbagi dan saling bertukar informasi tentang pengetahuan khususnya dalam hal mengidentifikasi jenis kulit wajah dengan menggunakan metode Certainty Factor. Metode CF menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. CF merupakan nilai parameter klinis yang diberikan oleh pakar untuk menunjukkan besarnya kepercayaan.Hasil penelitian ini mampu Metode CF menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. CF merupakan nilai parameter klinis yang diberikan oleh pakar untuk menunjukkan besarnya kepercayaan.Kata Kunci: Kulit Wajah, Sistem Pakar, Certainty Factor 

Author Biographies

Muhammad Hasyim As'ary, STMIK Triguna Dharma

Sistem lnformasi

Rico Imanta Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem lnformasi

Muhammad Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem lnformasi

References

DAFTAR PUSTAKA

A. Nirmala, "Antioksidan Alternatif Untuk Menangkal Bahaya Radikal Bebas Pada Kulit," Journal Of Islamic Science And Technology, Vol. I, No. 1, Pp. 63-68, 2015.

I. H. Santi And B. Andari, "Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah Dengan Metode Certainty Factor," INTENSIF, Vol. III, No. 2, Pp. 159-177, 2019.

M. A. Wijaya And V. A. Aziz, "Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining," Core-IT: Jurnal Komputasi Dan Teknologi Informasi, Vol. 1, No. I, Pp. 43-49, 2020.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil And S. , "Analisis Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT," Jurnal Teknik Elektro, Vol. X, No. 1, Pp. 30-35, 2018.

Y. W. N. Fitriya, N. Hidayat And M. , "Implementasi Metode Weighted Product – Certainty Factor Untuk Diagnosa Penyakit Malaria," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. VIII, No. 2, Pp. 2158-2163, 2018.

V. Maarif, H. M. Nur And T. S. Ayu , "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Skincare Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Wajah Menggunakan Logika Fuzzy," Jurnal Sains Dan Manajemen, Vol. VII, No. 2, Pp. 73-80, 2019.

S. "Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia," Jurnal Ilmiah Berterik, Vol. X, No. 3, Pp. 196-204, 2020.

A. Ramadhanu And R. Gusrianto, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rubeola Pada Anak Menggunakan Metode Forward Chaining Dengan Bahasa Pempograman PHP & DATABASE MYSQL," Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, Vol. III, No. 1, Pp. 254-258, 2021.

J.Nasir, J., "Sistem Pakar Konseling Dan Psikoterapi Masalah Kepribadian Dramatik Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web," RABIT (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab), Vol. III, No. 1, Pp. 37-48, 2018.

A. T. Putri, B. S. Santoso, M. Izzatillah And R. Senjaya, "Sistem Pakar Rekomendasi Dan Larangan Makanan Berdasarkan Jenis Penyakit Dengan Metode Forward Chaining," Departemen Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, Vol. I, No. 1, Pp. 18-23, 2015.

Downloads

Published

2022-05-12