Menentukan Penyaluran Anggaran Bantuan Desa Pada Kelompok Tani Menggunakan Metode WASPAS

Authors

  • Riski Mandala Perangin-angin STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i2.4912

Abstract

Salah satu program perintah dalam menunjang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa adalah dengan mengeluarkan Dana Bantuan Desa. Dana Bantuan Desa merupakan bentuk kongkrit pengakuanNegara terhadap hak asal-usul Desa dan kewenangan lokal berskala Desa, guna untuk memajukan masyarakat didesa dari segi ekonomi mereka. Salah satu penggunaan dana desa khususnya di daerah yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani adalah bantuan dalam mengelola kelompok tani. Kelompok tani  merupakan salah satu wadah bagi petani petani khususnya di desa Lau Buluh untuk pengetahuan dibidang pertanian. Namun di desa Lau Buluh, banyak kelompok tani yang terbentuk berdasarkan tujuan, jenis tanaman dan lain sebagainya. Tentunya tidak semua kelompok tani mendapatkan bantuan yang sama, pihak desa harus memprioritaskan kelompok tani yang aktif dan sesuai dengan kriteria dan ketentuan . Oleh sebab itu pihak desa Lau Buluh membutuhkan suatu sistem yang dapat dijadikan sebuah solusi dalam permasalahan yang dialami terkait penentuan penerima bantuan desa. Untuk menentukan keputusan yang tepat dalam penentuan kelompok tani penerima bantuan desa dapat dilakukan dengan menerapkan cabang ilmu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode WASPAS yang dapat digunakan untuk untuk menentukan penyaluran dana bantuan desa ke Kelompok Tani.

Author Biographies

Riski Mandala Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Putri Antou, "EFEKTIVITAS DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN TALAWAAN KABUPATEN MINAHASA UTARA," Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi , vol. 19, no. 2, pp. 131-140, 2019.

D.L.Wattimena, "ANALISIS PENGGUNAAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN PERTANIAN DI PERDESAAN KOTA AMBON," jurnal Aggribisnis Kepulauan, pp. 1-16, 2018.

E.Ningsih, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKANWEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," ILKOM Jurnal Ilmiah, p. 9, 2017.

M.Handayani and N.Marpuang, Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018 ISSN 2622-9986 (cetak) STMIK Royal-AMIK Royal, hlm. 253-258 ISSN2622-6510 (online) Kisaran, Asahan. Kisaran,Asahan: Online, 2018.

Veradilla Amalia, Dedy Syamsuar, Linda Atika, Program Pascasarjana, and Universitas Bina Darma, "KOMPARASI METODE WP SAW DAN WASPAS DALAM PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PMDK," vol. 1, no. 2, pp. 82-97, 2019.

M.Reza, "Hubungan Ikatan Anggota Kelompok Tani dengan Partisipasinya pada Proses Perencanaan Penyuluhan Pertanian Tingkat Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota," Jurnal Penyuluhan, pp. 17-23, 2019.

Ermawati, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2022-03-28