Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mastitis Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Andry Wahyudi Bangun STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Elfritiani Elfritiani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i2.4910

Abstract

Kambing Etawa merupakan salah satu hewan ternak penghasil susu dan daging. Susu Kambing Etawa dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam  penyakit karena memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu kambing lainnya. Kambing Etawa memiliki beberapa Penyakit yang sering membuat peternak resah, salah satu penyakit tersebut adalah penyakit Mastitis yang merupakan penyakit yang berbahaya bagi kambing Etawa, yang apabila tidak ditangani dengan cepat kambing bisa mati. Sistem Pakar (Expert System) adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan, agar dapat mendiagnosa penyakit Mastitis pada kambing Etawa. untuk menyelesaikan masalah sebagaimana yang dipikirkan oleh pakar, pakar yang dimaksud disini adalah orang yang mempuyai keahlian khusus yang dapat menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh orang awam. Untuk mendeteksi penyakit Mastitis pada kambing Etawa, sistem pakar ini menggunakan metode Certainty Factor dengan memasukkan data penyakit dan gejala-gejala. Dengan mengaplikasikan Sistem Pakar menggunakan Metode Certainty Factor, mendiagnosa Penyakit pada kambing Etawa lebih efektif dan efesien. Sehingga dapat membantu pengguna dalam menemukan saran dan solusi terhadap penyakit Mastitis pada kambing Etawa.Kata Kunci: Penyakit Mastitis, Kambing Etawa, Sistem Pakar, Certainty Factor, aplikasi berbasis komputer

Author Biographies

Andry Wahyudi Bangun, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfritiani Elfritiani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A.S, R., & Shalahuddin, M. (2018). REKAYASA PERANGKAT LUNAK TERSTRUKTUR DAN BERORIENTASI OBJEK EDISI REVISI. INFORMATIKA.

Aji A.H., Furqon., Widodo A.W., 2018. ‘Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Umum Pada Manusia’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No.5, Mei 2018, h. 2127-2134.

Fathoni, M. (2010). Pengantar Analisa Perancangan Sistem . 9(2), 1–19.

Goat, E. C. (2013). Isolasi dan Identifikasi Bakteria Mastitis Klinis pada Kambing Peranakan Ettawah. 31(1), 49–54.

Ilmiah, J., & Informasi, T. (2017). Sistem Diagnosis Penyakit pada Kambing Menggunakan Metode Forward Chaining. 11(2), 113–122.

Nofriansyah, D., Ramadhan, P. S., & Andika, B. (2015). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendeteksi Jenis Racun dan Spesies Ular pada Pasien yang Terkena Racun Bisa Ular Menggunakan Metode Certainty Factor. 93–104.

Kusrini, (2007). Sistem Pakar - Teori dan Aplikasi, Andi Yogyakarta.

Sutojo. (2018). KECERDASAN BUATAN . Andi Yogyakarta.

Setyaputri, K. E., & Fadlil, A. (2018). Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT. 10(1), 30–35.

Wahana Komputer, (2009). Visual Basic 2008, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-03-25