Penerapan Teorema Bayes Untuk Mendeteksi Kerusakan Mesin Sepeda Motor

Authors

  • Destiansyah Putra Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i2.4907

Abstract

Sepeda motor yang sangat diminati dan masih banyak penggunanya khusus di wilayah Kabanjahe adalah motor Yamaha Vixion, Yamaha Vixion merupakan alat transportasi yang banyak diminati para kalangan pria remaja. Sering terjadi kendala dari Yamaha Vixion yang menyebabkan kerusakan sehingga dapat menganggu aktivitas yang dilakukan. Kerusakan pada mesin motor terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik motor baru menyadari kerusakan setelah motor tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan motor kemungkinan besar membutuhkan perawatan rutin, hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin motor Yamaha Vixion.Maka dari itu dibutuhkan peran sistem pakar dalam membantu pengguna untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada Yamaha Vixion. Sistem Pakar merupakan sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi sebuah permasalahan dengan menggunakan keahlian seorang pakar yang telah ditanamkan ke dalam sebuah sistem dengan menggunakan algoritma tertentu.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar yang dapat digunakan dalam membantu pengguna untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada Yamaha Vixion dengan bantuan Metode Teorema Bayes

Author Biographies

Destiansyah Putra Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Yori Herwangi1, Ibnu Syabri2 and Iwan Kustiwan2, "Peran dan Pola Penggunaan Sepeda Motor Pada Masyarakat Berpendapatan Rendah di Kawasan Perkotaan Yogyakarta," Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, vol. 26, no. ISSN 0853-9847, pp. 166-176, 2015.

Badan Pusat Statistik, "Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2017," 2020. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133.

A. Boekittinggi, J. Birugo, B. No, A. Tangah, J. Bukittinggi and S. Barat, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMENSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING STUDI KASUS (DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PADANG PANJANG)," Jurnal Edik Informatika , no. ISSN : 2407-0491, pp. 95-102, 2017.

S. Winiarti, "PEMANFATAN TEOREMA BAYES DALAM PENENTUAN PENYAKIT THT," JURNAL INFORMATIKA, vol. 2, no. 2, 2008.

S. n. rizki, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KESALAHAN ELEKTRODA PADA PROSES WELDING FRAME THERMOSTAT PADA SOULPLATE MENGGUNAKAN METODEFORWARD CHAINING BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT PHILIPS)," Jurnal Edik Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 211-225, 2017.

Y. Yuliyana and A. S. R. M. Sinaga, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Naive Bayes," Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, p. 19, 10 5 2019.

M. G. Meidiyan, "Implementasi Knowledge base pada Aplikasi Data Orang Hilang," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 96-103, 2017.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," 2018.

A. W. Ganda Anggara11), Gede Pramayu2), "MEMBANGUN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 201 6, no. ISSN : 2302-3805, pp. 6-7, 2016.

N. A. Hutagalung, K. Kunci-:, M. Bayes and S. Pakar, "IMPLEMENTASI METODE BAYES PADA SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT POLIO".

Downloads

Published

2022-03-24