Implementasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Preeklamsia

Authors

  • Lusyana - Sitohang STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i3.4899

Abstract

Selama ini deteksi dini Preeklamsia dilakukan secara konvensional yang umumnya ditandai peningkatan tekanan darah setelah usia kehamilan 20 minggu. Meskipun tidak ada metode yang terbukti efektif untuk mencegah terjadinya Preeklamsia, tetapi dengan melakukan identifikasi awal dapat memberikan pengobatan yang sesuai. Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang sederhana, mudah digunakan, reliable, dan tidak menyita waktu dalam melakukan pengkajian terhadap penyakit Preeklamsia yaitu aplikasi sistem pakar yang dapat diakses secara online sehingga semua orang dapat melakukan diagnosa secara dini terhadap penyakit Preeklamsia. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi sistem pakar yang mengadopsi metode Dempster Shafer dan mampu menjawab permasalahan terkait mendiagnosa penyakit Preeklamsia.

Author Biography

Lusyana - Sitohang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. M. Ahmad dan S. Syarif, “Optimasi Sistem Pakar Deteksi Dini Preeklamsia Berbasis Mobile,†Jurnal Ners dan Kebidanan,

vol. 5, pp. 159-162, 2018.

R. V. A. Lestari dan A. Sari, “Sistem Pakar Diagnosa Dini Preeklamsia Pada Ibu Hamil Menggunakan Metode Fuzzy Logic dan Certainty Factor,†SIAP, pp. 221-225, 2020.

F. M. A. I. Agustian dan A. , “Sistem Peringatan Awal Resiko Preeklamsia Pada Kehamilan Menggunakan Metoda Certainty Factor,†Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 10, pp. 45-54, 2021.

Viviliani, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Bayi Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android,â€

Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 5, pp. 1-13, 2019.

Yuswandi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kepiting Bakau Menggunakan Metode Forward Chaining,†Perangkat Lunak,

vol. 1, pp. 22-32, 2019.

Z. Azmi dan V. Yasin, Pengantar Sistem Pakar Dan Metode, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

M. Arif, “Perancangan Sistem Informasi Pusat Karir Sebagai Upaya Meningkatkan Relevansi Antara Lulusan Dengan Dunia Kerja Menggunakan Uml,†Ic-Tech, pp. 42-49, 2017.

F. Sonata dan V. W. Sari, “Pemanfaatan Uml (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E- Commerce Jenis Customer-To-Customer,†Komunika, vol. 8, pp. 22-31, 2019.

Suendri, “Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, pp. 1-9, 2018.

Y. Heryanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.Apm Rent Car,†Intra-Tech, vol. 2, pp. 64- 77, 2018.

Downloads

Published

2022-05-12